PENERAPAN LAYANAN INFORMASI TEKNIK LIVE MODELLING UNTUK MEREDUKSI PERSEPSI NEGATIF TERHADAP GURU BK PADA SISWA MTs NU AL HIDAYAH KUDUS

DWI MULYANI, SUMBER (2015) PENERAPAN LAYANAN INFORMASI TEKNIK LIVE MODELLING UNTUK MEREDUKSI PERSEPSI NEGATIF TERHADAP GURU BK PADA SISWA MTs NU AL HIDAYAH KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (2604Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (2082Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (2238Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (2235Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2956Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (2097Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (2058Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (2060Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tindakan dalam upaya mereduksi persepsi negatif siswa terhadap guru BK pada siswa kelas VIII F di MTs NU Al Hidayah Tahun Pelajaran 2014/201 melalui layanan informasi dengan teknik live modelling. (2) Untuk mengetahui hasil reduksi persepsi negatif siswa terhadap guru BK pada siswa kelas VIII F di MTs NU Al Hidayah Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah diberi layanan Informasi dengan teknik live modelling. Persepsi merupakan suatu proses yang terjadi pada individu karena adanya stimulus yang diterimanya baik stimulus positif maupun stimulus negatif yang diterima oleh panca indera yang menghasilkan pengertian dan pemahaman tentang stimulus yang telah diterima. Dengan adanya persepsi seseorang akan mempunyai pandangan atau anggapan tentang sesuatu yang telah diterimanya. Layanan informasi merupakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk memberikan upaya pengetahuan dan pemahaman kepada siswa sebagai tolak ukur individu dalam bertingkah laku dalam kehidupannya sehari-hari baik di masyarakat, keluarga dan sekolah, maupun menentukan masa depannya. Live modelling adalah salah satu teknik dalam pendekatan behavioritik yang bertujuan untuk memberikan contoh yaitu model hidup atau nyata yang mengajarkan tentang perilaku dan nilai-nilai yang baik sehingga siswa bisa meniru atau menerapkan dalam kehidupannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII F MTs NU Al Hidayah Kudus, sebanyak 35 siswa yang mempunyai persepsi negatif terhadap guru BK. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan informasi dengan teknik live modelling sedangkan variabel terikatnya yaitu persepsi negatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus Persepsi siswa Terhadap Guru BK menunjukkan kategori sangat rendah dengan skor 577 dengan persentase 32,96%. Siklus I Persepsi Siswa Terhadap Guru BK menunjukkan kategori cukup dengan skor 916 dengan persentase 52,34% yang berarti mengalami peningkatan persentase 19,38% dari pra siklus. Siklus II persepsi siswa terhadap guru BK menunjukkan kategori tinggi dengan skor 1366 dengan persentase 78,04% yang berarti mengalami peningkatan 25,07% dari Siklus I. Peningkatan aktivitas siswa dalam Layanan Informasi dengan Teknik Live Modelling mengalami peningkatan pada Siklus I menunjukkan kategori cukup dengan memperoleh skor 940 dengan persentase 53,71% dan pada Siklus II memperoleh skor 1436 dengan persentase 82,05% yang menunjukkan kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Peningkatan Persepsi Siswa Terhadap Guru BK mulai dari Pra Siklus memperoleh skor 577 dengan persentase 32,96% kategori sangat kurang, Siklus I dengan skor 916 dengan persentase 52,34% kategori cukup, Siklus II memperoleh skor 1366 dengan persentase 78,04% kategori baik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada Siklus I skor 940 dengan persentase 53,71% (Cukup) dan pada Siklus II skor 1436 dengan persentase 82,05% (Baik). Dengan demikian Layanan Informasi dengan Teknik Live Modelling efektif untuk mereduksi persepsi negatif siswa terhadap guru BK. Disarankan kepada: 1. Kepala Sekolah, penelitian ini dapat memberikan kebijakan dalam yang mendukung program bimbingan dan konseling dengan baik. 2. Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, agar memberikan layanan informasi dengan teknik live modelling untuk mereduksi persepsi negatif siswa terhadap guru BK, agar siswa mampu memahami bimbingan konseling dan tidak lagi mempersepsikan guru BK ke hal yang negatif. 3. Kepada siswa, agar dapat mereduksi persepsinya yang negatif terhadap guru BK, sehingga menjadi siswa yang patuh pada gurunya dan menjadi pribadi yang menghargai peranan orang lain

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Masturi,M.M
                    Uncontrolled Keywords: Persepsi Negatif. Layanan Informasi dengan Teknik Live Modelling.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 14:56
                    Last Modified: 10 Sep 2015 14:56
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4721

                    Actions (login required)

                    View Item