UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIANBERPENDAPATMELALUILAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMP 2KALIWUNGU KUDUS

ULFA, HIKMATUL (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIANBERPENDAPATMELALUILAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMP 2KALIWUNGU KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (716Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (187Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (413Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (409Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1269Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (183Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (161Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (109Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan penelitian ini adalah diperolehnya perbaikan dan peningkatan keberanian berpendapat melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VIII E SMP 2 Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Keberanian berpendapat adalah suatu sikap yang ada pada setiap individu yang ditunjukan dengan adanya kemampuan untuk mau mencoba dengan rasa percaya diri dan mampu untuk mengatasi rasa takut ketika mengungkapkan apa yang ada difikirannya dalam menanggapi sesuatu. Bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama adalah suatu layanan dalam bimbingan kelompok yang memanfaatkan dinamika kelompok untuk memberikan informasi baru, pengetahuan, pemahaman masalah yang sedang dialami saat ini dengan menggunakan teknik sosiodrama yakni bermain peran. Permainan peran yang dilakukan ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat memperbaiki dan meningkatkan keberanian berpendapat pada siswa kelas VIII E SMP 2 Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP 2 Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, sebanyak 8 siswa yang mempunyai keberanian berpendapat yang rendah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Variabel penelitian: layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama (Variabel Bebas) dan keberanian berpendapat (variabel terikat). Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok dan metode wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung.Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit.Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama kolaborator. Berdasarkan hasil penelitian pra siklus keberanian berpendapat menunjukkan skor rata-rata 20 dengan persentase 40% dalam kategori kurang. Pada siklus I pertemuan 1 skor rata-rata 23 dengan persentase 46% dalam kategori kurang,siklus I pertemuan 2 skor rata-rata 25 dengan persentase 50% dalam kategori kurang,siklus I pertemuan 3 skor rata-rata 30 dengan persentase 59% dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 skor rata-rata 36 dengan persentase 72% dalam kategori baik, siklus II pertemuan 2 skor rata-rata 42 dengan persentase 84% dalam kategori baik, dan siklus II pertemuan 3 skor rata-rata 43 dengan persentase 86% dalam kategori sangat baik. Siklus I pemahaman keberanian berpendapat menunjukkan skor rata-rata 30 dengan persentase 59% dalam kategori cukup. Siklus II pemahaman keberanian berpendapatmenunjukkan skor rata-rata 43 dengan persentase 86% dalam kategori sangat baik. Peningkatan keberanian berpendapat melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dari pra siklusdengan skor rata-rata 20 dan persentase 40% ke siklus II dengan skor rata-rata 43 dan persentase 86%, deengan demikian pelaksanaan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan keberanian berpendapat terjadi peningkatan skor rata-rata 23 dan persentase 46%. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkankeberanian berpendapat, dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada : 1. Kepada Kepala Sekolah SMP 2 Kaliwungu Kudus, diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di SMP 2 Kaliwungu Kudus, 2. KepadaGuru BK (Konselor) SMP 2 Kaliwungu Kudus, diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan keberanian dalam mengungkapkan pendapat, 3. Kepada Siswa SMP 2 Kaliwungu Kudus, diharapkan dengan adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan keberanian berpendapat, 4. KepadaPeneliti, diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai latihan mengembangkan wawasan, menambah pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Susilo Rahardjo,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Keberanian Berpendapat. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Sep 2015 15:23
                    Last Modified: 10 Sep 2015 15:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4723

                    Actions (login required)

                    View Item