THE WRITING ABILITY OF DESCRIPTIVE TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NU AL MA’RUF KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING POWER (PREPARE, ORGANIZE, WRITE, EDIT, REWRITE) STRATEGY

FITRIA, RANI (2015) THE WRITING ABILITY OF DESCRIPTIVE TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NU AL MA’RUF KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING POWER (PREPARE, ORGANIZE, WRITE, EDIT, REWRITE) STRATEGY. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (571Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (300Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (352Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (328Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (425Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (306Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (297Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (245Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2691Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Menulis adalah salah satu hal penting untuk murid di Sekolah Menengah Atas. Murid mendapatkan kesulitan dalam menemukan dan menghasilkan ide-ide untuk memulai tulisan mereka. Salah satu materi yang diajarkan di kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas adalah jenis teks atau genre. Teks deskriptif adalah suatu jenis teks berfungsi untuk mendeskripsikan orang tertentu, tempat, atau benda. POWER adalah salah satu strategi yang dapat digunakan guru dalam mengajarkan bahasa Inggris. Strategi tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks descriptive kelas sepuluh SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan POWER (Mempersiapkan, Mengorganisir, Menulis, Mengedit, Menulis Kembali) strategi. Ini adalah penelitian experimental. Penelitian ini mengambil tempat di SMA NU Al Ma’ruf Kudus, populasinya adalah siswa-siswi SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun ajaran 2014.2015. Penulis mengambil satu kelas sebagai sempel dengan menggunakan cluster random sampling. Penulis mendapat kelas X2, terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis teks descriptive di kelas sepuluh SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun 2014/2015 sebelum menggunakan POWER strategi adalah 64,87 dan standart deviasi adalah 10,37. Menunjukkan kategori “cukup”. Sedangkan, rata-rata setelah menggunakan POWER strategy pada siswa kelas sepuluh SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun 2014/2015 adalah 77,68 dan standart deviasi adalah 8,61, yang mana menunjukkan kategori “bagus”. Itu menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks descriptive lebih baik daripada sebelum menggunakan POWER strategy. Berdasarkan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa POWER strategy efektif di dalam menulis teks narrative, karena siswa dapat membuat teks descriptive, aktif, dan senang di dalam proses pembelajaran. Penulis berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu cara untuk memperkaya referensi tentang meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas sepuluh, dan juga sebagai pertimbangan guru untuk memilih POWER strategi sebagai alternative untuk membantu dan membuat sisa menulis text descriptive dengan mudah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Rismiyanto,SS,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Menulis, Teks Deskriptive,and POWER Strategy
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Sep 2015 13:24
                    Last Modified: 11 Sep 2015 13:24
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4727

                    Actions (login required)

                    View Item