THE USE OF PEER ASSESSMENT TO IMPROVE THE WRITING ABILITY OF THE TENTH GRADERS OF MA NU MU’ALLIMAT KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2014/2015

FRIDA NOOR LAELA, FARICHA (2015) THE USE OF PEER ASSESSMENT TO IMPROVE THE WRITING ABILITY OF THE TENTH GRADERS OF MA NU MU’ALLIMAT KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (450Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (171Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (263Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (487Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (760Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (231Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (152Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (273Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2313Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Menulis merupakan kemampuan yang rumit namun penting untuk dikuasai. Karena dalam menulis, pelajar harus menguasai komponen dalam menulis dengan memperhatikan aturan bahasa. Sayangnya, beberapa pelajar berfikir bahwa menulis hanyalah menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan tanpa ada aturan khusus. Kelas X IPS 1 MA NU Mu’allimat Kudus tahun akademik 2014/2015 mempunyai masalah dalam menulis. Rata-rata nilai mereka pada tes sumatif menulis adalah 60,9 dengan KKM 75. Itulah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan bahwa penilaian sebaya dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas X MA NU Mu’allimat Kudus akademik 2014/2015. (2) Mengetahui persepsi siswa tentang penilaian sebaya pada pengajaran menulis. Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam 1 siklus terdapat 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X IPS 1 MA NU Mu’allimat Kududs tahun akademik 2014/2015 yang terdiri dari 48 siswi. Penulis menggunakan 3 instrumen yaitu : Observasi, tes dan angket. Setelah melakukan 2 siklus, penulis menemukan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama, siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebanyak 18,75% sedangkan di siklus kedua ada 83,3% dari total keseluruhan siswa. Rata-rata nilai menulis pada siklus pertama yaitu 65,4 sedangkan pada siklus kedua adalah 77,3. dengan demikian rata-rata nilai mereka meningkat sebesar 18,02%. dari hasil observasi dan angket juga mencerminkan adanya peningkatan . Jadi, dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa penilaian sebaya dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas X MA NU Mu’allimat Kudus tahun akademik 2014/2015.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Rismiyanto,S.S,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Penilaian Sebaya, Kemampuan Menulis
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Sep 2015 13:36
                    Last Modified: 11 Sep 2015 13:36
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4730

                    Actions (login required)

                    View Item