MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MEMANAJEMEN WAKTU BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA MIND MAP PADA SISWA KELAS X-1 SMA 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Azis, Abdul (2015) MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MEMANAJEMEN WAKTU BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA MIND MAP PADA SISWA KELAS X-1 SMA 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Download (521Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (112Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (323Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (678Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1271Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (205Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (171Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (220Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan: 1.Mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam memanejemen waktu belajar sebelum dan sesudah penerapan layanan penguasaan konten dengan peta pikiran (mind map )pada siswa kelas X-1 SMA 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2014/2015, 2.Diperolehnya peningkatan kedisiplinan siswa dalam memanajemen waktu belajar melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map pada siswa kelas X-1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Kedisiplinan merupakan upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya.Memanajemen waktu adalah pengaturan kegiatan yang dilakukan dengan pemanfaatan waktu sebaik mungkin supaya maksud dari kegiatan tersebut dapat tercapai dengan baik dan bisa selesai tepat pada waktunya. Belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan ketrampilan, memperbaiki perilaku, sikap dan mengokohkan kepribadian. Layanan Penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui layanan bimbingan belajar. Bahwa mind map (peta pikiran) berfungsi untuk memberi label, menunjukkan dan menjelaskan pikiran dan penemuan kreatifnya. Hipotesis penelitian adalah ada peningkatan kedisiplinan siswa dalam memanajemen waktu belajar melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map pada siswa kelas X-1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan konseling ini akan dilaksanakan di kelas X-1 SMA 1 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini terdiridari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan media mind map. Sedangkan variabel terikat adalah meningkatkan kedisiplinan siswa dalam memanajemen waktu belajar.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berbentuk deskriptif kualitatif untuk menganalisis data. Hasil penelitian dari pra siklus, siklus I ke siklus II.Hal ini terbukti bahwa kedisiplinan siswa dalam memanajemen waktu belajar mengalami peningkatan menunjukan pada pra siklus memperoleh hasil rata-rata skor 20 (40%) masuk kategori rendah.Pada siklus I memperoleh hasil rata-rata skor 30 (60%) masuk kategori cukup. Pada siklus II memperoleh hasil rata-rata skor 34 (68%) masuk kategori baik. Sehingga peningkatan aktifitas siswa dalam Layanan Penguasaan Konten dengan Media Mind Mapmengalami peningkatan dari siklus I ke silus II mengalami peningkatan sebesar 4. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mulai dari pra siklus memperoleh hasil rata-rata skor 20 (40%) masuk kategori rendah. Pada siklus I memperoleh hasil rata-rata skor 30 (60%) masuk kategori cukup. Pada siklus II memperoleh hasil rata-rata skor 34 (68%) masuk kategori baik. Jadi peningkatan kedisiplinan siswa dalam memanajemen waktu belajar dari pra siklus sampai siklus II sebesar 14 (28%). Bahwa hipotesis yang menyatakan “Ada peningkatan kedisiplinan dalam memanajemen waktu belajar melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map padasiswa kelas X-1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan penelitian dilapangan peneliti dapat memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah sebagai koordinator seluruh kegiatan pelaksanaan pendidikan disarankan agar selalu memberi dukungan yang berupa kebijakan kepada konselor dalam hal pemberian layanan bimbingan dan konseling terutama layanan penguasaan konten untuk dapat menangani masalah yang dialami siswa terutama yang terkait dengan kedisiplinan dalam memanajemen waktu belajar.2. Kepada Guru Pembimbing perlu meningkatkan pelaksanaan program bimbingan dan konseling.Hendaknya pemberian layanan disesuaikan dengan permasalahan yang dialami siswa dan sebaiknya guru pembimbing menggunakan metode dan teknik yang lebih bervariasi pada saat melakukan pemberian layanan.3. Kepada Siswa untuk mau terbuka kepada guru pembimbing tentang masalah yang dialami. Adanya keterbukaan dari siswa akan membantu siswa menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
                    Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa Dalam Memanajemen Waktu Belajar. Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Mind Map
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Sep 2015 13:46
                    Last Modified: 11 Sep 2015 13:46
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4733

                    Actions (login required)

                    View Item