THE LISTENING ABILITY OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF MTs N GEMBONG PATI IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING UPIN IPIN CARTOON MOVIE MEDIA

RISCA ATINA, ANNISA (2015) THE LISTENING ABILITY OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF MTs N GEMBONG PATI IN THE ACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING UPIN IPIN CARTOON MOVIE MEDIA. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (841Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (271Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (388Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (471Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (560Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (255Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (195Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Dafatr Pustaka) - Accepted Version
                Download (328Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Mendengarkan adalah kemampuan dasar dalam bahasa Inggris untuk siswa. Mendengarkan menjadi skill yang terpenting diantara empat skill dalam Bahasa Inggris. Mendengarkan juga merupakan salah satu materi mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas 7 MTs N Gembong. Disana guru Bahasa Inggris jarang mengadakan kegiatan mendengarkan. Terkadang guru menggunakan metode dekte dan tanpa media untuk mengajar listening. Hal tersebut berdampak pada nilai siswa dalam mendengarkan. Kebanyakan nilai siswa dalam mendengarkan di bawah KKM. Kemampuan mendengarkan mereka masih kurang bagus. Penulis mengggunakan Film Kartun Upin Ipin untuk memecahkan persoalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan antara kemampuan mendengarkan dari siswa kelas 7 MTs N Gembong Pati pada tahun ajaran 2014/ 2015 sebelum dan setelah diajar menggunakan Film Kartun Upin Ipin. Desain dari penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penulis menggunakan group tunggal dengan pre-test dan post-test. Populasi diambil dari siswa kelas 7 MTs N Gembong pada tahun ajaran 2014/2015. Penulis menggunakan teknik cluster random sampling untuk mengambil sampel. Dan penulis mendapatkan kelas 7D sebagai sampel dengan jumlah siswa 29. Instrumen yang digunakan berupa soal test pilihan ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa post- test tergolong “bagus” dengan nilai rata-rata 79,46 dan standar deviasi 8,22. lebih tinggi daripada pre-test dengan nilai rata-rata 61,71 dan standar deviasi 9,84 yang dapat diklasifikasikan “cukup”. Hipotesis penelitian menyatakan ada perbedaan signifikan antara kemampuan mendengarkan siswa kelas 7 MTs N Gembong Pati pada tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar menggunakan Film Kartun Upin Ipin. Dari perhitungan t-test, t-obtained diketahui 10,26 dan t-critical ± 2,048 dengan level signifikan (α) 0.05 dan degree of freedom 28. T-obtained lebih besae dari t-critical. Jadi, penulis menolak H0 (null hyphotesis) dan menerima H1 ( alternative hypothesis) karena t-obtained jatuh di wilayah kritis. Berdasarkan hasil diatas, penulis menyarakan bahwa Film Kartun Upin Ipin bisa digunakan sebagai media yang efektif dalam listening. Juga bias digunakan solusi bagi guru Bahasa Inggris sebagai media alternative untuk mengajar listening.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Titis Sulistyowati,S.S,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mendengarkan, Kelas 7, Film Kartun Upin Ipin
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Sep 2015 14:04
                    Last Modified: 11 Sep 2015 14:04
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4736

                    Actions (login required)

                    View Item