Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012.

Khofah, Noor (2012) Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (334Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (66Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (192Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (53Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (300Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (309Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (22Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (25Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1684Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berdasarkan hasil obsevasi awal di SMK Negeri 1 Kudus, peneliti mendapatkan data bahwa sebagian besar siswa kelas XI PM 2 belum mempunyai konsep diri yang positif. Gejala yang nampak yaitu masih adanya siswa yang terlambat datang ke sekolah, adanya siswa yang memiliki perasaan minder/rendah diri, suka menyontek, hasil prestasi belajar yang rendah, dan adanya siswa yang mempunyai perasaan tidak mampu melaksanakan tugas. Siswa yang demikian itu dapat dikatakan memiliki konsep diri yang negatif, sehingga perlu upaya untuk peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalahnya: 1) Bagaimanakah meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012?. Dan 2) Bagaimanakah upaya meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian: diketahuinya tingkat konsep diri positif siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012 dan diperolehnya peningkatan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI PM 2 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaan penelitian secara teoritis: salah satu bahan acuan penelitian di bidang bimbingan dan konseling, kajian untuk penulisan ilmiah berkenaan dengan topik layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif dan tambahan khasanah pengetahuan khususnya di bidang bimbingan dan konseling tentang upaya bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. Sedangkan kegunaan praktis memberikan informasi kepada: 1) Konselor tentang upaya layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 2) Kepala Sekolah, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk mendukung program pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsep diri positif. 3) Siswa, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dapat digunakan alternatif bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri positif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak dua siklus, setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah; variabel X (layanan bimbingan kelompok) sedangkan variabel Y (konsep diri positif).

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., 2. Dr. Sukiman, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Konsep Diri Positif; Bimbingan Kelompok.
                    Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
                    FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia.
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                    Tanggal Deposit: 07 Nov 2012 09:11
                    Last Modified: 07 Nov 2012 09:11
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/474

                    Actions (login required)

                    View Item