THE USE OF HANGAROO GAME TO TEACH VOCABULARY MASTERY FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD N 2 RAGUKLAMPITAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2014/2015

RAHMAWATI, NILA (2015) THE USE OF HANGAROO GAME TO TEACH VOCABULARY MASTERY FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD N 2 RAGUKLAMPITAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (650Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (273Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (377Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (475Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (600Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (374Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (313Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (207Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2455Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Salah satu bagian dalam menciptakan dan pemahaman bahasa adalah penguasaan kosa kata. Seseorang tidak bisa mengutarakan pendapat mereka dan ide dalam bahasa inggris tanpa mengetahui kosa kata mereka. Pada kenyataanya, guru bahasa inggris di SD N 2 Raguklampitan Jepara mengatakan bahwa siswa kelas lima masih kesulitan untuk menguasai kosa kata. Mereka kesulitan untuk menggunakan kosa kata yang benar dalam sebuah kalimat. Jadi teknik yang digunakan oleh guru adalah teknik yang biasa yang juga kurang menyenangkan pasa proses belajar mengajar. Karena alasan tersebut, penulis ingin menggunakan teknik yang menarik dalam mengajar penguasaan kosa kata, teknik tersebut adalah Hangaroo Game. Hangaroo game adalah salah satu permainan dengan mengisi bagian yang kosong. Hangaroo Game dapat digunakan sebagai salah satu media pengajaran untuk membuat pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris lebih menarik. Dengan aplikasi media tersebut, siswa akan lebih tertarik dan mmenikmati selama proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan kosa kata pada siswa kelas V SD N 2 Raguklampitan Jepara di tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan Hangaroo Game. Penelitian ini menggunakan sebuah penelitian eksperimental dengan satu kelompok pre-test post-test. Populasi yang digunakan oleh penulis adalah siswa kelas V SD N 2 Raguklampitan Jepara di tahun ajaran 2014/2015. Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Tes ini terdiri dari 20 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df) N-1 = 21, ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan kosa kata siswa kelas V SD N 2 Raguklampitan sesudah menggunakan Hangaroo Game tahun ajaran 2014/2015 dan sebelum menggunakan Hangaroo Game. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-observasi (t₀) adalah 7.8, sedangkan t-tabel 2,08. Ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima (t₀ = 7.8> tt = 2.08). Kemampuan kosa kata siswa kelas V SD N 2 Raguklampitan yang diajar dengan menggunakan Hangaroo Game tahun ajaran 2014/2015 tergolong “baik” (Mean = 66.4 dan SD = 11.16). Sedangkan kemampuan kosa kata siswa kelas V SD N 2 Raguklampitan tanpa menggunakan Hangaroo Tahun Ajaran 2014/2015 tergolong “rendah” (Mean = 53.22dan SD = 13.5) Setelah mengetahui hasil penelitian ini nilai dari kemampuan kosa kata siswa kelas V SD N 2 Raguklampitan Jepara sesudah menggunakan Hangaroo Game tahun ajaran 2014/2015 lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan Hangaroo Game. Dengan demikian , penulis menyarankan bahwa guru harus mampu menciptakan proses belajar mengajar yang lebih menarik , inovatif , dan menyenangkan . Guru dapat menggunakan Hangaroo Game dalam mengajar kemampuan kosa kata karena Hangaroo Game adalah sebuah teknik yang efektif untuk mengajar kosa kata.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Diah Kurniati,S.Pd.,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kosa kata , Hangaroo Game
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 11 Sep 2015 14:21
                    Last Modified: 11 Sep 2015 14:21
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4741

                    Actions (login required)

                    View Item