PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOLASE DI SDN LANGENHARJO 01 PATI

ERDYANNY, RISTINA (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOLASE DI SDN LANGENHARJO 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (522Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (200Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (353Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (391Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (3106Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (325Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (128Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (162Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media kolase di SDN Langenharjo 01 Pati. Model pembelajaran think talk write merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir, berbicara dan kemudian menuliskan suatu topik tertentu. Keterampilan menulis karangan deskripsi adalah suatu bentuk tulisan yang melukiskan keadaan suatu objek yang melibatkan indera manusia. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi yang dipengaruhi dari keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dengan subjek penelitian 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang menerapkan model pembelajaran think talk write berbantuan media kolase dengan menggunakan desain model PTK Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dengan langkah PTK: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media kolase. Sedangkan variabel terikat adalah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi di SDN Langenharjo 01 Pati. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati yang cukup signifikasi. Kondisi awal siswa sebelum tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 38,09% dengan rata-rata 64,05 dengan kualifikasi “cukup”, meningkat pada siklus I menjadi 71,43% dengan rata-rata 72,86 dengan kualifikasi “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48% dengan rata-rata 80,95 dengan kualifikasi “sangat baik”. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I 80,83% dengan kualifikasi “sangat baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 96,39% dengan kualifikasi “sangat baik”. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I 69,87% dengan kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 82,59 dengan kualifikasi “sangat baik”. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dapat disimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media kolase dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati. Untuk itu disarankan dalam menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media kolase, guru harus mempersiapkan dengan matang, memberikan soal-soal yang menantang untuk dipecahkan bersama, dan mengatur alokasi waktu dengan sangat teliti disetiap langkah proses pembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons.
                    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Think Talk Write (TTW), Media Kolase.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 09:08
                    Last Modified: 12 Sep 2015 09:08
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4754

                    Actions (login required)

                    View Item