PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY MATERI SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD 2 JATIWETAN

DWI HIDAYATI, NOFITA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY MATERI SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD 2 JATIWETAN. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (667kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (596kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (664kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (223kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, hasil belajar psikomotor siswa melalui model pembelajaran course review horay pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam. Model course review horay merupakan model pembelajaran yang menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang menjawab benar berteriak “horee!!” atau yel-yel lainnya yang disukai. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan hasil belajar afektif, dan meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV semester II SD 2 Jatiwetan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan lokasi penelitian di SD 2 Jatiwetan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa terdiri 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan dengan fokus pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat pada peningkatan hasil belajar kognitif siklus I (62,5%) meningkat pada siklus II (81,25%). Pada hasil belajar afektif siklus I pertemuan I (62,19%) dan pada siklus I pertemuan II (71,09%) hingga pada siklus II pertemuan I (73,91%) dan siklus I pertemuan II (79,22%) dengan kategori. Pada hasil belajar psikomotor siklus I pertemuan I ( 60,74%) dan siklus I pertemuan II (66,6%) pada siklus II pertemuan I mencapai (76,76%) dan siklus II pertemuan II mencapai (77,34%). Simpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran IPA melalui model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, guru dapat menerapkan model pembelajaran course review horay dalam kegiatan pembelajaran di kelas agar pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa meningkat, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Sabar Rutoto,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Hasil Belajar IPA, Sumber Daya Alam,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 02:17
Last Modified: 12 Sep 2015 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4756

Actions (login required)

View Item View Item