DWI HIDAYATI, NOFITA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY MATERI SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD 2 JATIWETAN. Update Test thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Preview |
PDF (Hal.Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (667kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (223kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, hasil belajar psikomotor siswa melalui model pembelajaran course review horay pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam. Model course review horay merupakan model pembelajaran yang menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang menjawab benar berteriak “horee!!” atau yel-yel lainnya yang disukai. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan hasil belajar afektif, dan meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV semester II SD 2 Jatiwetan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan lokasi penelitian di SD 2 Jatiwetan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa terdiri 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan dengan fokus pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat pada peningkatan hasil belajar kognitif siklus I (62,5%) meningkat pada siklus II (81,25%). Pada hasil belajar afektif siklus I pertemuan I (62,19%) dan pada siklus I pertemuan II (71,09%) hingga pada siklus II pertemuan I (73,91%) dan siklus I pertemuan II (79,22%) dengan kategori. Pada hasil belajar psikomotor siklus I pertemuan I ( 60,74%) dan siklus I pertemuan II (66,6%) pada siklus II pertemuan I mencapai (76,76%) dan siklus II pertemuan II mencapai (77,34%). Simpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran IPA melalui model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, guru dapat menerapkan model pembelajaran course review horay dalam kegiatan pembelajaran di kelas agar pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa meningkat, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing :Drs.Sabar Rutoto,M.Pd |
Kata Kunci: | Course Review Horay, Hasil Belajar IPA, Sumber Daya Alam, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 12 Sep 2015 02:17 |
Last Modified: | 12 Sep 2015 02:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4756 |
Actions (login required)
View Item |