PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SD 3 MEGAWON KUDUS

ROSALIA JUWITA, ETAMINA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SD 3 MEGAWON KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (550Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (192Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (579Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (523Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (611Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (167Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (108Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (175Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan menemukan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 3 Megawon pada materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada siswa setelah diadakannya proses belajar. Hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang ada di lingkungan sekitar, dimana siswa dituntut untuk berpikir kritis dan mampu memberikan solusi terkait dengan masalah yang dibahasnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotorik kelas IV SDN 3 Megawon pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD 3 Megawon dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar IPA di SD 3 Megawon. Instrumen penelitian yang digunakan yakni wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil pengamatan keterampilan guru dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dalam pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya pada siklus I memperoleh 84,38% termasuk kriteria “baik”. Pada siklus II mengalami peningkatan 93,75% termasuk kriteria “sangat baik”. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya pada siswa kelas IV SD 3 Megawon. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I memperoleh 68,43% termasuk “baik”, pada siklus II mengalami peningkatan 78,03% termasuk “baik”. Pencapaian hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I yakni 75,33% termasuk “baik”, pada siklus II mengalami peningkatan 82,34% termasuk “baik” dan hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I mendapatkan 67,84% termasuk “baik”, dan pada siklus II mengalami peningkatan 77,5% termasuk “baik”. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya pada siswa kelas IV SD 3 Megawon. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yakni model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru, dapat meningkatkan hasil belajar baik kognitif, afektif dan psikomotorik pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya pada siswa kelas IV SD 3 Megawon. Adapun saran peneliti dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni (1) memotivasi siswa untuk semangat dalam pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang diajarkan, (2) guru perlu meningkatkan model pembelajaran yang inovatif, (3) pihak sekolah perlu meningkatkan motivasi guru di SD 3 Megawon untuk melakukan penelitian yang sama dan (4) peneliti selanjutnya dapat memperbaiki penelitian ini menjadi lebih baik lagi. .

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 09:26
                    Last Modified: 12 Sep 2015 09:26
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4759

                    Actions (login required)

                    View Item