Studi Kasus Penerapan Model Konseling Behavioristik untuk Menangani Sikap Bersikap Egois di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2112

Khoirur , Rizal (2012) Studi Kasus Penerapan Model Konseling Behavioristik untuk Menangani Sikap Bersikap Egois di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2112. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (347Kb)
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (117Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (213Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (158Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (183Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (80Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (54Kb) | Request a copy
                [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (52Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1110Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Dalam proses sosialisasi dikehidupan pasti tidak lepas dari sifat dan sikap manusia baik yang positif maupun yang negatif. Salah satu sifat manusia yang negatif adalah sifat egois. Orang yang egois adalah orang yang biasanya memiliki sifat serakah mesti tidak terlalu nampak bahwa itu serakah. Orang yang egois sebetulnya menyimpan ketakutan dan kekhawatiran akan kehilangan apa yang menjadi miliknya atau haknya. Dan sebenarnya orang tersebut memiliki kebutuhan yang besar akan ketentraman atau keamanan. Di SMK NU Ma’arif sendiri para siswa berinteraksi seperti siswa dan individu pada umumnya, tetapi ketika sifat egois para siswa di SMK NU Ma’arif itu muncul menjadi suatu kekhawatiran sendiri bagi kelangsungan proses sosialisasi antar siswa di SMK NU Ma’arif itu tersebut. . Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan : 1). Apakah faktor penyebab timbulnya sikap egois pada siswa SMK NU M’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? 2). Apakah penerapan model konseling Behavioristik efektif untuk mengatasi siswa yang bersikap egois di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya sikap egois pada siswa di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 2). Teratasinya perilaku egois melalui penerapan model konseling Behavioristik untuk menangani siswa yang bersikap egois di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bermanfaat bagi : siswa, dapat menghindari/memecahkan masalah yang salama ini dialami yang berhubungan dengan sikap egois yang mereka miliki dalam kaitanya pergaulan sehari-hari dengan lingkungan sekolah dan masyarakat luas pada nantinya. Guru pembimbing, menambah wawasan tentang penerapan model konseling Behavioristik untuk membantu peserta didik yang memiliki sikap egois di SMK NU Ma’arif Kudus. Ruang lingkup penelitian ini di SMK NU Ma’arif Kudus mulai dari Mei sampai Juli 2012. penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan subjek 2 (dua) siswa yaitu HR dan MY yang memiliki sikap egois. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : Wawancara, Observasi, Dokumentasi dan Kunjungan rumah. Hasil analisis data menunjukan bahwa sikap egois disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Kasus klien I (HR) adalah : sulit mengamalkan ilmu atau tidak mau mengajarkan ilmu terhadap orang lain dan sikap selalu ingin dinomor satukan. Klien II (MY) adalah : sikap tidak mau berbagi terhadap orang lain dan selalu merebut benda milik orang lain. Simpulan berdasarkan hasil penelitian tentang siswa yang memiliki sikap egois di SMK NU Ma’arif Kudus disimpulkan bahwa faktor penyebab siswa yang memiliki sikap egois yang dialami 2 (dua) klien tersebut adalah : Klien I (HR) Sumber penyebab masalah klien HR memiliki sikap egois adalah klien merasa kepintarannya untuk dia sendiri dan sikap selalu ingin dinomor satukan. Sikap ini didasari karena HR adalah anak tunggal maka secara alami dia selalu menang sendiri. Klien II (MY) Sumber penyebab masalah klien MY memiliki sikap egois yaitu karena MY sering sekali merebut benda milik temannya itu dikarenakan rasa ingin memiliki yang tinggi ditambah klien MY juga jarang berbagi ke orang lain. Berdasarkan dari hasil kesimpulan di atas, peneliti menyampaikan saran sebagai berikut : Kepala sekolah : perlu menciptakan suasana sekolah yang dapat menimbulkan rasa nyaman bagi para siswa sehingga para siswa dapat mengembangkan proses sosialisasi dengan baik. Konselor : Selalu memperhatikan perkembangan siswa khususnya siswa yang memiliki sikap egois dan perhatian khusus agar dapat mengembangkan diri dalam bersiosialisasi antar teman di sekolah. Wali kelas : Membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan teman lain di sekolah dan dapat menjadi pribadi yang baik dan perlu memperhatikan siswa dalam berinteraksi dengan sesama teman di sekolah. Orang tua : Hendaknya orang tua memberikan perhatian yang sesuai dengan tingkat perkembangan psikis anak dan memberikan contoh teladan yang baik bagi anak dalam hal bersosialisasi dengan teman yang lain agar anak tidak menuntut perlakuan yang telah diberikan oleh orang tua ketika di rumah dengan teman sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Drs. Masturi MM, 2. Drs. Sabar Rutoto M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Model Konseling Behavioristik dan Siswa Egois
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr M. Dwi Wahyu Eristianto
                    Tanggal Deposit: 07 Nov 2012 09:42
                    Last Modified: 07 Nov 2012 09:42
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/476

                    Actions (login required)

                    View Item