UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PENGARUH NEGATIF PEMAKAIAN GADGET SAAT JAM PELAJARAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA MOVIE PADA SISWA KELAS X PBS SMK TAMAN SISWA KUDUS TA 2014/2015

RAFIKA DEWI, NISFU (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PENGARUH NEGATIF PEMAKAIAN GADGET SAAT JAM PELAJARAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA MOVIE PADA SISWA KELAS X PBS SMK TAMAN SISWA KUDUS TA 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2556Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (2009Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (2152Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (2055Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2954Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (2006Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (1987Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (108Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindakan akan upaya meningkatkan pemahaman tentang pengaruh negatif pemakaian gadget saat jam pelajaran melalui layanan penguasaan konten dengan media movie pada siswa kelas X PBS SMK Taman Siswa Kudus TA 2014/2015 serta mendapatkan peningkatan pemahaman tentang pengaruh negatif pemakaian gadget saat jam pelajaran melalui layanan penguasaan konten dengan media movie pada siswa kelas X PBS SMK Taman Siswa Kudus TA 2014/2015. Gadget merupakan sebuah inovasi dari teknologi terbaru dengan kemampuan yang lebih baik dan fitur terbaru yang memiliki tujuan maupun fungsi lebih praktis dan juga lebih berguna yang dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif. Untuk mewujudkan peningkatan pemahaman tentang pengaruh negatif pemakaian gadget peneliti menggunakan Layanan Penguasaan Konten dengan media movie yaitu layanan bimbingan konseling yang diberikan untuk menguasai konten tertentu, menggunakan alat bantu gambar bergerak dan bersuara yang sering disebut dengan film. Dengan hipotesis penelitian yaitu “Layanan Penguasaan Konten dengan Media Movie dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pengaruh negatif pemakaian gadget saat jam pelajaran pada siswa kelas X PBS SMK Taman Siswa Kudus TA. 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas X PBS SMK Taman Siswa Kudus dengan subyek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan media movie. Sedangkankan variabel terikat adalah pengaruh negatif pemakaian gadget. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskreptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi pra siklus, pemahaman siswa tentang pengaruh negatif pemakaian gadget saat jam pelajaran memperoleh hasil skor 19 dengan hasil prosentase 38% dalam kategori rendah, setelah dilakukan layanan penguasaan konten dengan media movie pada siklus I mendapatkan hasil rata-rata skor 25, dengan rata-rata prosentase 50% dalam kategori rendah, mengalami peningkatan sebanyak 6 dengan prosentase 12%, sedangkan pada siklus II mendapatkan hasil rata-rata skor 37, dengan rata-rata prosentase 75% dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebanyak 12 atau 24%. Peningkatan aktifitas siswa mengalami peningkatn pada siklus I skor rata-rata 27 dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 38 dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis maka dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dengan media movie dapat meningkatkan pemahaman tentang pengaruh negatif pemakaian gadget saat jam pelajaran pada siswa kelas X PBS SMK Taman Siswa Kudus TA. 2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena memenuhi indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1) Bagi Kepala Sekolah, dapat di jadikan pedoman bagi Kepala Sekolah dalam menentukan kebijakan berkenaan dengan usaha perbaikan proses pembelajaran. 2) Bagi Guru, pemahaman siswa tentang pengaruh negatif pemakaian gadget dapat mengurangi siswa yang sering memakai gadget saat jam pelajaran. 3) Bagi Guru BK, memberikan gambaran atau acuan kepada guru pembimbing atau guru BK, dalam memberikan layanan penguasaan konten kepada siswa yang memiliki tingkat pemahaman tentang pengaruh negatif pemakaian gadget saat jam pelajaran yang rendah dengan mengunakan media movie. 4) Bagi Siswa, dengan menggunakan media pembelajaran movie melalui layanan penguasaan konten dapat memberikan gambaran-gambaran secara langsung kepada siswa tentang pengaruh negatif ada saja yang dapat ditimbulkan gadget ketika digunakan pada saat jam pelajaran, sehingga pemahaman mereka meningkat dan prestasi siswa membaik. 5) Bagi Peneliti, dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman sebagai seorang calon guru atau konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing:Drs. Masturi. M.M.
                    Uncontrolled Keywords: Pengaruh Negatif Pemakaian Gadget Saat Jam Pelajaran. Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Movie.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 10:11
                    Last Modified: 12 Sep 2015 10:11
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4770

                    Actions (login required)

                    View Item