PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORRAY PADA SISWA KELAS IV SDN 01 LUMBUNGMAS

CHRIESTIANTO ADI, FEBRI (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORRAY PADA SISWA KELAS IV SDN 01 LUMBUNGMAS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (780Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (183Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (250Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (526Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1850Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (133Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (162Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (150Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horray pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan keterampilan guru dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Course Review Horray adalah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak “hore” atau yel-yel lain yang disukai. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Lumbungmas Pucakwangi Pati dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Course Review Horray. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi koperasi yang cukup signifikan antara siklus I (75,63%), dan siklus II (80,31%), didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I (65,78%) menjadi (80,31%) siklus II dan didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I (69,78%) menjadi (81,10%) siklus II. Keterampilan guru dengan menggunakan model Course Review Horray juga mengalami peningkatan pada siklus I (79,69%) menjadi (85,94%) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa melalui model Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 01 Lumbungmas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Course Review Horray, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya pikirnya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dr.Murtono,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Course Review Horray (CRH), Hasil Belajar IPS, Koperasi
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 10:28
                    Last Modified: 12 Sep 2015 10:28
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4776

                    Actions (login required)

                    View Item