PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORRAY PADA SISWA KELAS IV SDN 01 LUMBUNGMAS

CHRIESTIANTO ADI, FEBRI (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORRAY PADA SISWA KELAS IV SDN 01 LUMBUNGMAS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (799kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (539kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (154kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horray pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan keterampilan guru dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Course Review Horray adalah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak “hore” atau yel-yel lain yang disukai. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi koperasi pada siswa kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Lumbungmas Pucakwangi Pati dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Course Review Horray. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi koperasi yang cukup signifikan antara siklus I (75,63%), dan siklus II (80,31%), didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I (65,78%) menjadi (80,31%) siklus II dan didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I (69,78%) menjadi (81,10%) siklus II. Keterampilan guru dengan menggunakan model Course Review Horray juga mengalami peningkatan pada siklus I (79,69%) menjadi (85,94%) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa melalui model Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 01 Lumbungmas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koperasi kelas IV SDN 01 Lumbungmas. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Course Review Horray, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya pikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Course Review Horray (CRH), Hasil Belajar IPS, Koperasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 03:28
Last Modified: 12 Sep 2015 03:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item