Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Vii C Mts Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2014/2015

IHDINAS, ROBBY (2015) Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Vii C Mts Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (850kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (945kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (979kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (893kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (854kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (104kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan pemahaman siswa tentang kedisiplinan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. (2) Untuk menemukan seberapa besar peningkatan kedisiplinan belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management kelas VII C MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Kedisiplinan belajar yaitu suatu sikap memenuhi aturan dalam belajar serta mengendalikan diri dan dapat mematuhi peraturan, tata tertib, sekaligus dapat mengendalikan diri dan menyesuaikan diri terhadap aturan yang ada. Layanan bimbingan kelompok adalah suatu layanan bimbingan dan konseling proses pemberian bantuan yang di berikan pada individu dalam situasi kelompok. Teknik self management adalah teknik untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh seorang individu yang dilakukan oleh individu itu sendiri dengan menggunakan strategi dalam mengatur dirinya sendiri untuk mencapai perbaikan sikap diri baik dari segi intelektual, emosional, spiritual, dan fisik. Hipotesis penelitian ini adalah: Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas VII C MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Bimbingan dan Konseling ini akan dilaksanakan di kelas VII C MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel Bebas adalah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management. Sedangkan Variabel Terikat adalah Kedisiplinan Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management dapat Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VII C MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terbukti pada Pra siklus siswa mendapatkan jumlah skor 133 rata-rata 16,6 (33,2%) kategori sangat kurang. Pada siklus I siswa mendapatkan jumlah skor 523 rata-rata 21,7 (44%) kategori kurang. Pada siklus II siswa mendapatkan jumlah skor 928 rata-rata 38,6 (76,6%) kategori baik. Jadi dari Pra siklus, siklus I sampai siklus II diperoleh hasil 33,2% kategori sangat kurang menjadi 76,6% kategori baik, sehingga ada peningkatan sebesar 43,4%. Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management dapat Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas VII C MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti menberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah, 2. Bagi guru BK, 3. Bagi Siswa, 4. Peneliti Selanjutnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 03:32
Last Modified: 12 Sep 2015 03:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4777

Actions (login required)

View Item View Item