PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL

NOVITA, MILA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (907Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (213Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (363Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1172Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1505Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (193Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (93Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (113Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial, mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IV SD 1 Kandangmas tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran IPS materi masalah sosial melalui penerapan model Cooperative tipe Think Talk Write, dan mendeskripsikan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi masalah sosial dengan menggunakan model Cooperative tipe Think Talk Write. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Kajian materinya adalah masalah sosial yaitu suatu permasalahan yang terjadi dalam masyarakat yang memerlukan penanganan serta tidak bisa diselesaikan oleh individu karena masalah sosial sifatnya meluas. Think Talk Write adalah model pembelajaran yang menekankan pada tiga tahapan penting yaitu berpikir (Think), berbicara (Talk) dan menulis (Write). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 15 siswa kelas IV SD 1 Kandangmas Dawe Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tes diuji validitasnya dengan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi masalah sosial yang signifikan yaitu pada ranah kognitif siklus I (66,67%) siklus II menjadi (86,67%), ranah afektif siklus I (74,83%) menjadi (85%) pada siklus II, ranah psikomotorik siklus I (69,76%) menjadi (79,52%) pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I (71%), siklus II (81%) serta aktivitas siswa siklus I (74,01%) menjadi (81,55%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Kandangmas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial kelas IV SD 1 Kandangmas. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Talk Write adalah dengan membangkitkan aktivitas siswa dan menggunakan media dengan baik agar dapat meningkatkan hasil belajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dra.Sumarwiyah,M.Pd.Kons.
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Think Talk Write, Masalah Sosial
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 10:36
                    Last Modified: 12 Sep 2015 10:36
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4779

                    Actions (login required)

                    View Item