PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 3 WATES TAHUN 2014/2015

ARIYANTI, YUNITA (2015) PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 3 WATES TAHUN 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (461Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (132Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (331Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (505Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2605Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (292Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (111Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswapada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada matapelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV SD 3 Wates Tahun 2014/ 2015melalui penerapan model example non example. Example non examplemerupakan model pembelajaran yang menggunakangambarsebagai media untukmenyampaikanmateri pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan definisi konsep.Hasilbelajaryaituperubahan-perubahan yang terjadipadadirisiswa, baikmenyangkutaspekkognitif, afektifdanpsikomotoriksebagaihasildarikegiatanbelajar.Hakikat ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakanserangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip dan teori yang berlaku secara universal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 3 Wates, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Variabel bebasnya yaitu model example non example, sedengkan variabelterikatnya yaitu hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik matapelajaran IPA pada materi sumber daya alam kelas IV SD 3 Wates tahun 2014/ 2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitasnya menggunakan metodebelahdua (split-half method)dengan rumus ganjil genap. Teknik analisis data yang dipakai adalah kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan hasil belajar pada aspek kognitif ≥65 dengan ketercapaian ketuntasan belajar klasikal≥75% dari seluruh siswa, aspek afektif dan psikomotorik diperoleh persentase≥75%mencapainilaidengankriteriabaik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaan model example non exampledapatmeningkatkanhasilbelajarIPA pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas IV SD 3 Wates tahun 2014/ 2015.Hal inidapatdilihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) Persentaseketuntasanhasilbelajarklasikalpadaaspek kognitif melalui tesevaluasisiklus I 72% meningkatmenjadi89% siklus II denganpeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I 69,72menjadi74,72padasiklus II, (2) hasilbelajarpadaaspek afektif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa padasiklus I memperolehpersentase 65,07% dengankualifikasibaikdanmeningkatpadasiklus II menjadi76,1%dengankualifikasibaik. (3) Hasilbelajaraspek psikomotorik siklus I memperolehpersentase 68,96% dengankriteriabaikkesiklus II menjadi 78,64% dengankriteriabaik. Simpulandalampenelitianiniyaitupenerapan model example non exampledapatmeningkatkanhasilbelajarIPA pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kleas IV SD 3 Wates tahun 2014/ 2015.Saran dalampenelitianini, bagi guru hendaknyamerencanakan model pembelajarandan media yang dapatmeningkatkanpartisipasisiswadalamkegiatanpembelajaran.Bagi siswahendaknyaaktifdanmenumbuhkansikappositifdalambelajar agar dapatmeraihhasilbelajar yang baik. Bagipenelitidiharapkandapatmemberikan variasi yang lebih baik pada model example non example sehingga dapat mengantisipasi kekurangan yang ada sehingga hasil yang diinginkan dapat tercapai dengan maksimal.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Sabar Rutoto,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Model Example Non Example, HasilBelajarSiswa, IPA.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 10:45
                    Last Modified: 12 Sep 2015 10:45
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4783

                    Actions (login required)

                    View Item