PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD 7 KLUMPIT GEBOG KUDUS

KHUNAIFAH, ZUIN (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD 7 KLUMPIT GEBOG KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (518Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (166Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (245Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (272Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1499Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (210Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (134Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (79Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Course Review Horaydan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 7 Klumpit Gebog Kudus Permasalahan proses pembelajaran yang terdapat pada SD 7 Klumpit Gebog Kudus di alami oleh guru dan siswa. Permaslahan guru di antaranya yaitu guru masih kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran, guru dalam mengajar lebih banyak menjelaskan materi dan menekankan pada materi hafalan, kemampuan guru dalam mengendalikan kelas masih kesulitan, dan guru kurang memotivasi siswa. Sedangkan permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SD 7 Klumpit Gebog Kudus yaitu dalam proses pembelajaran masih banyak siswa yang ramai dan ngombrol sendiri, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa masih rendah. Dengan permasalahan di atas mengakibatkan hasil belajar siswa rendah, maka dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Course Review Horay dan menemukan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SD 7 Klumpit Gebog Kudus. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi setelah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Course Review Horay adalah suatu pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswayang dapat menjawab dengan benar diwajibkan berteriak ‘horee!!’ atau yel-yel yang disukai. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SD 7 Klumpit Gebog Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 7 Klumpit Gebog Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa.Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas adalah model kooperatif tipe Course Review Horay Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn materi globalisasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, lembar observasi, lembar aktivitas siswa, lembar tes dan lembar angket. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan pada ketuntasan nilai hasil belajar PKn materi globalisasi anatara siklus I (48%) kualifikasi kurang dan siklus II (88%) kualifikasi sangat baik, di dukung dengan peningkatan aktivitas belajar PKn siswa pada siklus I (63%) kualifikasi cukup menjadi siklus II (75,12) kualifikasi baik. Pengelolaan pembelajaran model kooperatif tipe Course Review Horayjuga mengalami peningkatan pada siklus I (63,75) kualifikasi cukup menjadi siklus II (86,25) kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD 7 Klumpit Gebog Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 7 Klumpit Ggebog Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SD 7 Klumpit Gebog Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model kooperatif tipe Course Review Horay, guru harus memberikan pertanyaan yang beragam uuntuk mendorong keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat serta guru lebih inovatif dalam menggunakan alat peraga yang menarik perhatian siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Susilo Rahardjo,M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Hasil Belajar, Globalisasi
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 10:53
                    Last Modified: 12 Sep 2015 10:53
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4786

                    Actions (login required)

                    View Item