PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN SBdP KELAS IV SDN 03 CENDONO

SAKDIYAH, KHALIMATUS (2015) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN SBdP KELAS IV SDN 03 CENDONO. Skripsi Sarjana thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (507Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (235Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (388Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (434Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (3105Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (304Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (145Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (149Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dan menemukan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada subtema Hebatnya Cita-Citaku muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan SBdP kelas IV SDN 03 Cendono. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku peserta didik yang merupakan wujud nyata dari pembelajaran yang telah dilakukannya mencakup aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Project Based Learning adalah model pembelajaran yang dapat mengkonstruk pengetahuan siswa sesuai pengalaman yang telah dialaminya melalui kinerja penugasan. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa subtema Hebatnya Cita-Citaku muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan SBdP Kelas IV SDN 03 Cendono. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Cendono Dawe dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model project based learning. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar subtema Hebatnya Cita-Citaku. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru menerapkan model Project Based Learning mengalami peningkatan pada siklus I 78,5% (Baik) menjadi pada siklus II menjadi 88% (Sangat Baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata berkategori Cukup (C) menjadi pada siklus II rata-rata berkategori Baik (B). Hasil belajar siswa pada subtema Hebatnya Cita-Citaku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan SBdP mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara siklus I (55%), dan siklus II (85%). Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada subtema Hebatnya Cita-Citaku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan SBdP kelas IV SDN 03 Cendono. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 03 Cendono Dawe Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa subtema Hebatnya Cita-Citaku muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan SBdP kelas IV SDN 03 Cendono Dawe. Untuk itu, disarankan dalam menerapkan model Project Based Learning, guru harus mendesain pembuatan proyek yang dapat membuat siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri melalui kinerja penugasan dan pengalamannya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs.Sucipto,M.Pd,Kons.
                    Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar, Subtema Hebatnya Cita-Citaku
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Sep 2015 11:31
                    Last Modified: 12 Sep 2015 11:31
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4800

                    Actions (login required)

                    View Item