Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Dwi Lestari, Winda (2012) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL] PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (595kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (82kB)
[thumbnail of PPT] Microsoft PowerPoint (PPT)
Presentasi_Ujian_Skripsi_Winda.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas VIII A mempunyai minat belajar yang rendah, yang diperoleh berdasarkan informasi dari guru pembimbing seperti, sering terlambat masuk sekolah, sering mengantuk dalam kelas, dan sering tidak mengerjakan PR. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya deskripsi minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, dapat menemukan seberapa besar peningkatan minat belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan penguasaan konten siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: kaitannya dengan proses bimbingan dan konseling di sekolah, maka penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai bahan revrensi untuk penelitian mengenai minat belajar.2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah, dapat digunakan kepala sekolah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. 2. Bagi Guru Pembimbing, dapat digunakan sebagai pegangan atau pedoman melaksanakan layanan penguasaan konten dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa. 3. Bagi Siswa, sebagai motivasi siswa dalam meningkatkan minat belajar. 4. Bagi Peneliti, Sebagai bahan acuan dalam membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa. Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.” Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, sebanyak 42 siswa yang minat belajarnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (variabel bebas) dan minat belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan membahas 4 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan minat belajar siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan hasil rata-rata 39,6%. Setelah diberi layanan penguasaan konten pada sikus I pertemuan pertama minat belajar siswa belum ada peningkatan, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 40,9% dengan kategori kurang, pada pertemuan ketiga minat belajar siswa meningkat menjadi 42,7% dengan kategori kurang, pada pertemuan keempat minat belajar siswa meningkat 46,4%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama minat belajar siswa meningkat menjadi 53,2% dengan kategori cukup, pada pertemuan kedua minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 67,9% dengan kategori baik, pada pertemuan ketiga minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 74,3% dengan kategori baik, pada pertemuan keempat minat belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 75,6%. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar siswa pada kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada kepala sekolah Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK kepada kelas VIII agar program BK dapat terlaksana, khususnya layanan penguasaan konten dalam meningkatkan minat belajar siswa.2. Kepada konselor, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan minat belajar siswa secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada siswa, Diharapkan siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan. 4. Kepada peneliti, Peneliti lain perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang berkaitan dengan minat belajar siswa maupun masalah lainnya dengan menggunakan layanan penguasaan konten.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Drs. Masturi, MM. Dosen Pembimbing II Dra. Hj. Sutarti, SE, MM.
Kata Kunci: Minat Belajar; Layanan Penguasaan Konten.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2012 03:34
Last Modified: 07 Nov 2012 03:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item