Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas V SD 7 Hadipolo Tahun Pelajaran 2011/2012

Asna Wijayanti , Selly (2012) Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas V SD 7 Hadipolo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (441kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (129kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (55kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (38kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (39kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kepercayaan diri siswa kelas V SD 7 Hadipolo yang rendah, seperti takut menghadapi ulangan, menarik perhatian dengan cara yang kurang wajar, tidak berani menyatakan pendapat, grogi saat tampil di depan kelas, timbulnya rasa malu yang berlebihan, sering mencotek saat menghadapi tes, dan mudah cemas dalam menghadapi berbagai situasi. Permasalahan yang diteliti: Apakah dengan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa?,dan seberapa besar peningkatan rasa percaya diri siswa kelas V SD 7 Hadipolo setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD 7 Hadipolo melalui layanan bimbingan kelompok yang pada kondisi awal rendah,agar menjadi lebih baik.Adapun kegunaan penelitian adalah : 1. Kegunaan teoretis: Memberikan sumbangan bagi ilmu pengetahuan di bidang bimbingan dan konseling, khususnya bagi pengembangan teori bimbingan kelompok. 2. Kegunaan Praktis; a. Memberikan pengalaman sekaligus mengembangkan pengetahuan bagi penulis. b. Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi konselor untuk selalu memperhatikan keadaan kliennya yaitu tentang meningkatkan rasa percaya diri. c. Dapat memberikan masukan bagi sekolah dalam usaha meningkatkan rasa percaya diri siswa di dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah dan masyarakat. Subjek penelitian adalah 8 siswa yang tingkat kepercayaan dirinya rendah.Variabel penelitian meliputi variabel X (bimbingan kelompok) dan Variabel Y (rasa percaya diri siswa).Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Indikator kinerja: 1. Indikator proses yaitu siswa dikatakan berhasil apabila hasil pengamatan dalam kategori baik. 2. Indikator hasil yaitu siswa telah memiliki kepercayaan diri apabila hasil pengamatan dan wawancara dalam kategori baik. Sedangkan analisis data secara deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi pada tiap-tiap siklus. Hasil analisis: Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa kelas V SD 7 Hadipolo, pada kondisi awal ada 8 siswa yang rasa percaya dirinya dalam kategori rendah.Sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada siklus I meningkat dalam kategori sedang (43%) dengan skor rata-rata 2.Pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi (83%) dengan skor rata-rata 3.Sedangkan dari hasil wawancara kelompok pada kondisi awal ada 8 siswa (30%) yang rasa percaya dirinya rendah.Setelah dilaksanakan bimbingan kelompok pada siklus I terjadi peningkatan sebesar (40%) atau 3 siswa. Selanjutnya dilaksanakan perbaikan bimbingan kelompok home room pada siklus II terjadi peningkatan sebesar (89%) atau 7 siswa.Simpulan, berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas V SD 7 Hadipolo ada peningkatan positif, siswa yang semula rasa percaya dirinya rendah meningkat menjadi lebih baik Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya.Berdasarkan simpulan di atas maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut : 1. Bagi kepala sekolah, untuk mengkoordinasikan kegiatan bimbingan kelompok seperti kegiatan pembelajaran dan latihan sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu, harmonis dan dinamis. 2. Bagi konselor, hendaknya memberikan pendampingan dan lebih memperhatikan kepercayaan diri siswa, salah satu caranya dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok. 3. Bagi siswa yang kurang percaya diri diharapkan membangun rasa percaya dirinya dengan caramemupuk keberanian untuk bertanya, melatih diskusi dan berdebat, dan mengerjakan soal di depan kelas

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing: I. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. II. Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Rasa Percaya Diri
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 07 Nov 2012 03:50
Last Modified: 07 Nov 2012 03:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item