Upaya Mengatasi Kecemasan Siswa terhadap Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Konseling Behavior pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Lumaksono, Bagus Endro (2012) Upaya Mengatasi Kecemasan Siswa terhadap Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Konseling Behavior pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (306Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (73Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (189Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (106Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (193Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (44Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (116Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (919Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (417Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Ketidak senangan terhadap pelajaran matematika dapat menimbulkan kecemasan sehingga berpengaruh terhadap keberhasilan belajar khususnya pelajaran matematika. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru kelas, peneliti mendapatkan siswa kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati yang mengalami kecemasan terhadap pelajaran matematika. Untuk mengatasi kecemasan siswa tersebut perlu mendapatkan bantuan berupa konseling individual menggunakan model konseling behavior. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah: 1. Apakah Penerapan Pendekatan Konseling Behavior Efektif Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012”? Tujuan dari penelitian: 1. Untuk menemukan penyebab kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Untuk menemukan cara mengatasi kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika yang dilakukan peneliti melalui pendekatan konseling behavior pada siswa kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan teoritis : 1. Memberikan wawasan keilmuan yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling. Kegunaan praktisnya: 1. Kepala Sekolah : Memberikan masukan kepada kepala sekolah tentang pentingnya pemberian layanan bimbingan dan konseling disekolah. 2. Guru Kelas : Menambah wawasan guru kelas dalam memberikan bimbingan kepada siswa 3. Siswa : Membantu siswa memperoleh informasi dan mampu mengenali gejala-kecemasan .4. Orang Tua : Membantu orang tua sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan teknik dan strategi dalam mengatasi kecemasan anaknya.5. peneliti : Dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan, menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Sesuai judul penelitian, maka Ruang lingkup penelitian ini sesuai dengan judul penelitian “Upaya Mengatasi Kecemasan Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konseling Behavior Pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012, maka penelitian ini mengungkap tentang pendekatan konseling behavior dalam fungsinya mengatasi kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut: wawancara, observasi,dan dokumentasi Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian ini menunjukkan penyebab RJ, TM dan VA mengalami kecemasan terhadap pelajaran matematika:1. RJ: ketidaksiapan dalam menerima pelajaran matematika, kurangnya perhatian dan motivasi belajar dari orang tua.2. TM: kurang berminat terhadap pelajaran matematika, dan Pengaruh temannya yang mengajaknya ngobrol di saat jam pelajaran matematika. 3. VA: Motivasi belajar matematika rendah, kurang perhatian dan motivasi belajar dari orang tua. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kecemasan terhadap pelajaran matematika yang dialami: RJ sering melamun dan sering tidak mengerjakan tugas matematika, TM: sering tidak memperhatikan guru dan tidak sungguh dalam mengerjakan tugas matematika, VA: sering diam dan takut bertanya saat pelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan konseling behavior dengan teknik pengkondisian operan, latihan perilaku asertif dan kontrak perilaku. Dari hasil konseling ketiga siswa tersebut, mereka dapat memahami jika kecemasan yang berlebihan dapat merugikan dirinya sendiri. Berdasarkan penemuan penelitian, saran yang diajukan :1. Kepala Sekolah : Perlu diadakan pertemuan secara periodik dengan guru kelas untuk membahas permasalahan siswa.2. Guru Kelas : Membantu mengatasi kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika agar siswa bisa mencapai nilai pelajaran matematika yang maksimal.3. Orang Tua : Menjalin kerjasama dengan sekolah dengan cara saling memberikan informasi mengenai perkembangan anak. 4. Siswa : Siswa diharapkan lebih terbuka terhadap guru kelas apabila mengalami kesulitan terhadap pelajaran matematika.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing I dan II: Drs.H.Sucipto, M.Pd.Kons dan Dra.Hj.Sutarti, SE, MM.
                      Uncontrolled Keywords: Kecemasan Siswa Pada Pelajaran Matematika dan Pendekatan Konseling Behavior.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                      FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi kepribadian
                      Ilmu Murni > Matematika
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 07 Nov 2012 12:04
                      Last Modified: 07 Nov 2012 12:04
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/490

                      Actions (login required)

                      View Item