Upaya Mengatasi Kecemasan Siswa terhadap Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Konseling Behavior pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Lumaksono, Bagus Endro (2012) Upaya Mengatasi Kecemasan Siswa terhadap Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Konseling Behavior pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (314kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK.pdf - Accepted Version

Download (119kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
ppt_Skripsi_bagus.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstrak

Ketidak senangan terhadap pelajaran matematika dapat menimbulkan kecemasan sehingga berpengaruh terhadap keberhasilan belajar khususnya pelajaran matematika. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru kelas, peneliti mendapatkan siswa kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati yang mengalami kecemasan terhadap pelajaran matematika. Untuk mengatasi kecemasan siswa tersebut perlu mendapatkan bantuan berupa konseling individual menggunakan model konseling behavior. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah: 1. Apakah Penerapan Pendekatan Konseling Behavior Efektif Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012”? Tujuan dari penelitian: 1. Untuk menemukan penyebab kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Untuk menemukan cara mengatasi kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika yang dilakukan peneliti melalui pendekatan konseling behavior pada siswa kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan teoritis : 1. Memberikan wawasan keilmuan yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling. Kegunaan praktisnya: 1. Kepala Sekolah : Memberikan masukan kepada kepala sekolah tentang pentingnya pemberian layanan bimbingan dan konseling disekolah. 2. Guru Kelas : Menambah wawasan guru kelas dalam memberikan bimbingan kepada siswa 3. Siswa : Membantu siswa memperoleh informasi dan mampu mengenali gejala-kecemasan .4. Orang Tua : Membantu orang tua sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan teknik dan strategi dalam mengatasi kecemasan anaknya.5. peneliti : Dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan, menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Sesuai judul penelitian, maka Ruang lingkup penelitian ini sesuai dengan judul penelitian “Upaya Mengatasi Kecemasan Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konseling Behavior Pada Siswa Kelas IV SDN Koripandriyo Kec.Gabus Kab.Pati Tahun Pelajaran 2011/2012, maka penelitian ini mengungkap tentang pendekatan konseling behavior dalam fungsinya mengatasi kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut: wawancara, observasi,dan dokumentasi Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian ini menunjukkan penyebab RJ, TM dan VA mengalami kecemasan terhadap pelajaran matematika:1. RJ: ketidaksiapan dalam menerima pelajaran matematika, kurangnya perhatian dan motivasi belajar dari orang tua.2. TM: kurang berminat terhadap pelajaran matematika, dan Pengaruh temannya yang mengajaknya ngobrol di saat jam pelajaran matematika. 3. VA: Motivasi belajar matematika rendah, kurang perhatian dan motivasi belajar dari orang tua. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kecemasan terhadap pelajaran matematika yang dialami: RJ sering melamun dan sering tidak mengerjakan tugas matematika, TM: sering tidak memperhatikan guru dan tidak sungguh dalam mengerjakan tugas matematika, VA: sering diam dan takut bertanya saat pelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan konseling behavior dengan teknik pengkondisian operan, latihan perilaku asertif dan kontrak perilaku. Dari hasil konseling ketiga siswa tersebut, mereka dapat memahami jika kecemasan yang berlebihan dapat merugikan dirinya sendiri. Berdasarkan penemuan penelitian, saran yang diajukan :1. Kepala Sekolah : Perlu diadakan pertemuan secara periodik dengan guru kelas untuk membahas permasalahan siswa.2. Guru Kelas : Membantu mengatasi kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika agar siswa bisa mencapai nilai pelajaran matematika yang maksimal.3. Orang Tua : Menjalin kerjasama dengan sekolah dengan cara saling memberikan informasi mengenai perkembangan anak. 4. Siswa : Siswa diharapkan lebih terbuka terhadap guru kelas apabila mengalami kesulitan terhadap pelajaran matematika.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I dan II: Drs.H.Sucipto, M.Pd.Kons dan Dra.Hj.Sutarti, SE, MM.
Kata Kunci: Kecemasan Siswa Pada Pelajaran Matematika dan Pendekatan Konseling Behavior.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi kepribadian
Ilmu Murni > Matematika
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2012 05:04
Last Modified: 07 Nov 2012 05:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item