Pengembangan Model Layanan Informasi Dengan Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

Lestari , Indah and Hidayati, Richma and Zamroni, Edris (2016) Pengembangan Model Layanan Informasi Dengan Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (80kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (57kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kemandirian belajar anak sekolah dasar yang cenderung rendah. Hal ini bisa diamati dari kecenderungan anak usia sekolah dasar tergantung pada orang tua, teman dan guru les dalam mengerjakan PR, menyontek ketika ulangan dan meniru pekerjaan teman. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model layanan informasi dengan teknik symbolic model untuk mengembangkan kemandirian belajar anak usia sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t diperoleh angka 9,682 pada peluang kesalahan 0,000 lebih kecil dari pada peluang kesalahan (p) = 0,05 atau dalam bentuk lain 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan. Selanjutnya uji beda menunjukkan bahwa rerata post test lebih besar dengan nilai 59,26 dibanding dengan nilai hasil pre test sebesar 49,96. Dengan demikian, hipotesis alternatif yang berbunyi model layanan informasi dengan teknik symbolic model secara signifikan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa didukung atau diterima.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Kemandirian belajar, layanan informasi, symbolic model
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:29
Last Modified: 03 Feb 2016 08:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item