The Profile Of Classroom Interaction In English Classes Of Vocational Schools In Kudus

Kusmaryati, Sri Endang and Junaidi, - (2016) The Profile Of Classroom Interaction In English Classes Of Vocational Schools In Kudus. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (289kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa sekolah kejuruan berfokus pada memepersiapkan mereka untuk siap bekerja, yaitu bahasa Inggris untuk bisnis (English for Business). Dalam hal ini siswa belajar bagaimana untuk mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis bahasa Inggris dalam konteks bisnis. Dalam mengajar bahasa Inggris, interaksi antara guru dan siswa sangat penting. Dalam interaksi, guru biasanya menggunakan bahasa Inggris dalam situasi kelas (Classroom English). Bahasa Inggris dalam situasi kelas penting bagi siswa serta guru. Siswa dapat belajar bagaimana menggunakan bahasa Inggris dalam situasi fungsional di kelas. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui tentang interaksi kelas dan kelas bahasa Inggris di sekolah-sekolah kejuruab di Kudus dengan judul "Profil Interaksi di Kelas bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan di Kudus". Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui profil interaksi di kelas bahasa Inggris di SMK di Kudus, dan 2) untuk mengetahui bahasa Inggris yang digunakan oleh guru dan siswa di SMK di Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah interaksi kelas dan bahasa Inggris yang digunakan guru dan siswa di kelas, sedangkan sumber datanya adalah transkripsi proses belajar mengajar di kelas bahasa Inggris Program Pemasaran SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014 dan Program Aodio Video SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Selanjutnya data dianalisis dengan meng-gunakan tipe interaksi kelas berdasarkan teori Dagarin (2004: 14) dan menggunakan model bahasa Inggris dari Hughes dan Moate (2007). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi kelas antara guru dan siswa di kelas XI Program Pemasaran SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Akademik 2013/2014 cenderung didominasi oleh jenis Guru-Siswa, dan kelas bahasa Inggris yang digunakan oleh guru dan siswa cenderung tidak bervariasi. Bahasa Inggris yang digunakan oleh guru dan siswa di kelas hampir sama dalam proses pembelajaran di awal dan akhir pelajaran tetapi dalam pelajaran inti tergantung materi dalam proses pembelajaran. Sementara di Program Audio Video di SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Ajaran 2014/2015, hasil penelitian tidak jauh berbeda. Interaksi kelas juga didominasi oleh jenis Guru-Siswa, dan kelas bahasa Inggris yang digunakan oleh guru dan siswa cenderung tidak begitu beragam. Bahasa Inggris yang digunakan oleh guru dan siswa di kelas hampir semua sama di awal dan akhir pelajaran. tetapi dalam pelajaran inti sangat bergantung pada materi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di ats, peneliti menyarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan berbagai jenis tipe interaksi kelas untuk agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas dan guru dapat menggunakan bahasa Inggris yang bervariasi sebagaimana contoh yang dijelaskan oleh Hughes dan Moate (2007) untuk membuat kelas lebih aktif dan kreatif.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Interaksi di Kelas Bahasa Inggris di SMK
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:18
Last Modified: 03 Feb 2016 08:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item