Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian

Bintoro, Henry Suryo (2015) Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian. Prosiding "Peran Matematia dan Pendidikan Matematika dalam menghadapi isu-isu Global". ISSN 978-602-361-002-0

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (83Kb) | Tinjau ulang
    [img]
    Tinjau ulang
    PDF (Hal. Depan) - Published Version
    Download (188Kb) | Tinjau ulang
      [img]
      Tinjau ulang
      PDF (Artikel) - Published Version
      Download (507Kb) | Tinjau ulang

        Abstrak

        Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian. Metode jarimatika adalah sebuah cara sederhana dan menyenangkan mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak menurut kaidah, dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan. Prosesnya diawali, dilakukan dan diakhiri dengan gembira. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui pengamatan dan tes. Rata-rata skor tes prestasi belajar matematika siswa meningkat di setiap siklus. Pada siklus pertama rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa adalah 74 meningkat menjadi 81 pada siklus kedua. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 2,46 pada siklus pertama menjadi 3,13 pada siklus kedua. Sedangkan skor rata-rata pengelolaan pembelajaran guru meningkat dari 2,64 pada siklus pertama menjadi 2,68 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian.

        Tipe dokumen: Artikel
        Uncontrolled Keywords: Jarimatika; Perkalian; Prestasi Belajar Matematika
        Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
        Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
        Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
        Tanggal Deposit: 08 Mar 2016 09:52
        Last Modified: 16 Feb 2017 21:35
        URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4970

        Actions (login required)

        View Item