Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sdn 2 Mayonglor Jepara

NISA, MUFLIHATUN (2016) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sdn 2 Mayonglor Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (470kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (155kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan menemukan peningkatan hasil belajar PKn materi struktur pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara. Hasil Belajar merupakan bukti keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Instrumen penelitian tindakan kelas ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar PKn siswa materi struktur pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi yang cukup signifikan antara siklus I (83,33%), dan siklus II (95,83%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar PKn siswa pada siklus I 82,63% (baik) menjadi 92,82% (sangat baik) pada siklus II. Pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) juga mengalami peningkatan pada siklus I 75% (baik) menjadi 96% (sangat baik) pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara khususnya pada materi struktur pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) guru harus lebih kreatif dalam membuat inovasi pembelajaran berdiskusi agar siswa dapat berpikir secara kritis dan lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD),Hasil Belajar PKn, Struktur Pemerintahan Kabupaten, Kota, dan Provinsi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jun 2016 07:18
Last Modified: 01 Jun 2016 07:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item