Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Quantum Learning

Bintoro, Henry Suryo (2014) Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Quantum Learning. Prosiding Seminar Nasional pendidikan : Menyipakan Pendidik yang melek Hukum Perlindungan Anak.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
Cover_prosiding_2014_ok.jpg - Published Version

Download (5MB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
Cover_dan_Halaman_Depan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel.pdf - Published Version

Download (117kB)
Official URL: http:\\jurnal.umk.ac.id

Abstrak

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa disebabkan daya kreatif siswa rendah serta pembelajaran guru masih bersifat teacher centered sehingga menyebabkan pembelajaran tidak menyenangkan. Lingkungan belajar yang menyenangkan akan mampu menggabungkan rasa percaya diri, keterampilan belajar, dan keterampilan berkomunikasi, sehingga dimungkinkan prestasi belajar menjadi meningkat. Pembelajaran yang sangat memperhatikan lingkungan belajar yang didesain sedemikian rupa sehingga siswa merasa penting, aman, nyaman, dan dapat belajar seoptimal mungkin yaitu quantum learning. Quantum learning memberikan kiat-kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses yang dapat menghemat waktu, mempertajam pemahaman dan daya ingat, dan membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Quantum learning merupakan gabungan yang sangat seimbang antara bekerja dan bermain, antara rangsangan internal dan eksternal. Prinsip utama metode quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar baik secara positif maupun negatif. Pembelajaran quantum learning diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Matematika yang dianggap menakutkan oleh sebagian besar siswa akan berubah menyenangkan dengan diterapkannya pembelajaran quantum learning. Selain menyenangkan pembelajaran quantum learning berprinsip pada student centered sehingga dapat meningkatkan daya kreatif siswa yang mengakibatkan materi mudah diserap dan dipahami. Pembelajaran quantum learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika karena pembelajaran tersebut mengutamakan dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Article
Kata Kunci: quantum learning, menyenangkan, matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:18
Last Modified: 16 Feb 2017 14:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5052

Actions (login required)

View Item View Item