Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berkonteks Lari Pada Siswa Kelas V Sd 3 Rejosari Tahun 2015

AYUN, AMALIA QUROTUL (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berkonteks Lari Pada Siswa Kelas V Sd 3 Rejosari Tahun 2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (641Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (257Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (559Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (545Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1551Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (479Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (167Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (230Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pendidikan Matematika Realistik dan menemukan peningkatan pemecahan masalah siswa pada soal cerita mata pelajaran Matematika materi menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan siswa kelaV SD 3 Rejosari. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan proses pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pemahaman konsep yang telah dipelajari dan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk dapat mengaitkan masalah tersebut dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan situasi masalah tersebut. Pendidikan Matematika Realistik adalah suatu pendekatan dalam proses pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran yang dapat dibayangkan oleh siswa dan saling berkaitan dengan dunia nyata yang telah dialami oleh siswa secara langsung. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 3 Rejosari dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah Pendidikan Matematika Realistik Berkonteks Lari. Sedangkan variabe terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, waktu dan kecepatan yang cukup signifikan antara siklus I (61%), dan siklus II (83%), didukung dengan peningkatan aktivitas pemecahan masalah siswa pada siklus I rata-rata 2,2 dengan kriteria baik menjadi rata-rata 2,92 dengan kriteria baik di siklus II. Pengelolaan pembelajaran menggunakan pendidikan matematika realistik juga mengalami peningkatan pada siklus I 2,6 (baik) menjadi 3,22 (baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan kelas V SD 3 Rejosari. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Rejosari dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendidikan matenatika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, waktu dan kecepatan kelas V SD 3 Rejosari. Untuk itu disarankan dalam menerapkan pendidikan matematika realistik, guru harus mengaitkan proses pembelajaran yang mengarahkan pada kehidupan realistik siswa agar dapat mengembangkan penemuan konsep untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: PMR, Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 07 Jun 2016 12:11
                    Last Modified: 07 Jun 2016 12:11
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5055

                    Actions (login required)

                    View Item