Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berkonteks Lari Pada Siswa Kelas V Sd 3 Rejosari Tahun 2015

AYUN, AMALIA QUROTUL (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berkonteks Lari Pada Siswa Kelas V Sd 3 Rejosari Tahun 2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (656kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (572kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (558kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (490kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (235kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pendidikan Matematika Realistik dan menemukan peningkatan pemecahan masalah siswa pada soal cerita mata pelajaran Matematika materi menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan siswa kelaV SD 3 Rejosari. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan proses pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pemahaman konsep yang telah dipelajari dan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk dapat mengaitkan masalah tersebut dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan situasi masalah tersebut. Pendidikan Matematika Realistik adalah suatu pendekatan dalam proses pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran yang dapat dibayangkan oleh siswa dan saling berkaitan dengan dunia nyata yang telah dialami oleh siswa secara langsung. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 3 Rejosari dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah Pendidikan Matematika Realistik Berkonteks Lari. Sedangkan variabe terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, waktu dan kecepatan yang cukup signifikan antara siklus I (61%), dan siklus II (83%), didukung dengan peningkatan aktivitas pemecahan masalah siswa pada siklus I rata-rata 2,2 dengan kriteria baik menjadi rata-rata 2,92 dengan kriteria baik di siklus II. Pengelolaan pembelajaran menggunakan pendidikan matematika realistik juga mengalami peningkatan pada siklus I 2,6 (baik) menjadi 3,22 (baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan kelas V SD 3 Rejosari. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 3 Rejosari dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendidikan matenatika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak, waktu dan kecepatan kelas V SD 3 Rejosari. Untuk itu disarankan dalam menerapkan pendidikan matematika realistik, guru harus mengaitkan proses pembelajaran yang mengarahkan pada kehidupan realistik siswa agar dapat mengembangkan penemuan konsep untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PMR, Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Jun 2016 05:11
Last Modified: 07 Jun 2016 05:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item