Pengaruh Layanan Informasi Bidang Bimbingan Pribadi terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Jumanah, Siti (2012) Pengaruh Layanan Informasi Bidang Bimbingan Pribadi terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1223Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (155Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (233Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (386Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (215Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (138Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (98Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (140Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2538Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (221Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan potensi dasar manusia yang terkadang tidak diketahui oleh dirinya sendiri sehingga individu tersebut kehilangan kemampuan untuk menghadapi berbagai masalah dalam kehidupannya. Di samping itu, individu tersebut terkadang mengalami meaningless (ketidakbermaknaan) dalam hidup sebab ketidakmampuanya dalam mengenali, menerima berbagai informasi dalam dirinya. Pemahaman ini dapat diperoleh melalui tersedianya berbagai informasi tentang diri yang dapat diberikan melalui layanan informasi dalam bidang pribadi. Layanan informasi merupakan salah satu layanan bimbingan dalam bidang pribadi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bertujuan membantu siswa mengenal, menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri sehat jasmani dan rohani. Pada khususnya di SMP 1 Jekulo di kelas VIII H masih adanya siswa yang memiliki pemahaman diri yang rendah. Berpijak dari latar belakang tersebut peneliti melakukan layanan informasi bidang bimbingan pribadi agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman diri mereka. Dalam penelitian ini, permasalahan dirumuskan sebagai berikut: Adakah Pengaruh Positif yang Signifikan Layanan Informasi Bidang Bimbingan Pribadi Terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan Penelitian : 1. Mendeskripsikan pemahaman diri siswa sebelum dan sesudah mendapatkan layanan informasi pada siswa kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus tahun ajaran 2011/2012. 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh layanan informasi bidang bimbingan pribadi terhadap pemahaman diri siswa kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan Penelitian. :Secara teoritis adalah untuk memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan Bimbingan dan Konseling sebagai acuan untuk penelitian yang lebih lanjut. Adapun kegunaan secara praktis 1.) Dapat digunakan guru pembimbing sebagai bahan acuan untuk memberikan pengarahan kepada siswa tentang pentingnya layanan informasi untuk membantu memahami diri; 2.)Bagi Siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman diri dengan memanfaatkan layanan informasi dalam bidang pribadi; dan 3.) Bagi peneliti, sebagai tambahan pengetahuan dan pengalaman. Ruang lingkup penelitian dalam penelitian ini adalah layanan informasi bidang bimbingan pribadi terhadap pemahaman diri siswa kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Hipotesis yang diajukan : ada pengaruh yang positif dan signifikan Layanan informasi dalam bidang pribadi terhadap pemahaman dirisiswa kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Variabel penelitian : 1. Variabel bebas (X) yaitu layanan informasi , variabel ini merupakan variabel perlakuan. 2. Variabel terikat (Y) yaitu pemahaman diri, data dari variabel ini diperoleh dengan angket dan observasi. Subyek penelitian 32 siswa yang diberikan pre test dan post test. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode pokok angket dan metode pendukung yaitu observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Dari perhitungan analisis data dengan N = 32 diperoleh t hitung sebesar 11,261. Hasil ini dikonsultasikan dengan t tabel taraf signifikan 5% = 2,042. Oleh karena itu layanan informasi bidang pribadi dalam meningkatkan pemahaman diri siswa dinyatakan efektif karena t hitung > t tabel. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan terbukti kebenaranya. Berdasarkan hasil pembahasan maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1. Setelah 32 siswa memperoleh layanan informasi sebanyak 8 kali, hasil analisis prosentase angket pemahaman diri siswa menunjukkan bahwa siswa yang masuk dalam kategori sangat tinggi (110-127) ada 7 siswa (21,875 %), kategori tinggi (93-109) ada 22 siswa (68,75 %), kategori sedang (76-92) ada 3 siswa (9,375%), dan kategori rendah (59-75) ada 0 siswa (0 %). Jadi ada peningkatan pemahaman diri siswa setelah diberikan 8 kali layanan informasi. 2. Hasil analisis uji beda dengan Uji T dengan N = 32 menunjukkan perolehan t hitung > t tabel = 11,261 > 2,042. Jadi kesimpulannya "Ada pengaruh positif dan signifikan layanan informasi bidang pribadi terhadap pemahaman diri siswa kelas VIII H SMP 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2011/2012”. Dari hasil kesimpulan tersebut maka peneliti memberikan saran sebagai berikut:1.Bagi Kepala Sekolah, hendaknya mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan bimbingan konseling. 2.Guru pembimbing, diharapkan mampu membantu siswa dalam mengembangkan potensi diri dengan memberikan informasi diri sehingga siswa mampu mengembangkan potensi/kemampuan yang ada pada dirinya untuk membuahkan prestasi. 3.Guru mata pelajaran, hendaknya dalam mengajar selalu menggunakan metode yang bervariasi sehingga keunikan individu dapat tercover dengan baik.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing : I Dra. Hj. Sutarti, SE, MM, dan Pembimbing II: Drs. Murtono, M.Pd.
                      Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi (bidang bimbingan pribadi); Pemahaman diri.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi kepribadian
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 09 Nov 2012 10:10
                      Last Modified: 09 Nov 2012 10:10
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/506

                      Actions (login required)

                      View Item