Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Danyangmulyo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Istiana, Yulia (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Danyangmulyo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (495Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (162Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (246Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (282Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (453Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (278Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (103Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (112Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2271Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
                    Download (588Kb)

                      Abstrak

                      Latar belakang dalam permasalahan ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SDN Danyangmulyo 02 Winong Pati, dimana siswa memiliki motivasi belajar rendah. Rendahnya motivasi belajar disebabkan oleh ketergantungan siswa kepada temannya dalam menghadapi masalah belajar, disiplin belajar masih kurang, malas dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, kurang mengetahui cara belajar yang baik dan tidak dapat membagi waktu untuk belajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Danyangmulyo 02 yang belum optimal. Permasalahan yang diteliti: apakah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Danyangmulyo 02 Winong Pati tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IV SD Negeri Dayangmulyo 02 Winong Pati tahun pelajaran 2011/2012. Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1. Teoritis: hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam pengembangan konsep layanan bimbingan dan konseling khususnya pengembangan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok. 2. a. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi masukan bagi peneliti dalam pengelolaan kelompok dan pengembangan motivasi belajar, b. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif dalam pengembangan motivasi belajar siswa yaitu melalui layanan bimbingan kelompok. c. dengan adanya penelitian ini, diharapkan sekolah menyediakan sarana dan prasarana guna mendukung kegiatan layanan bmbingan kelompok, d. memberikan wawasan yang lebih luas bagi konselor dalam hal pengembangan motivasi belajar siswa utamanya melalui layanan bimbingan kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatan motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Danyangmulyo 02 Winong Pati tahun pelajaran 2011/2012. Lokasi penelitian ini di SD Negeri Danyangmulyo 02 Winong Pati mulai awal bulan April sampai dengan bulan Juni 2012. Subyek penelitian berjumlah 8 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang mempunyai motivasi belajar kurang dan cukup yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok dengan teknik Variabel bebas dan Variabel terikat. Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi.. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan, 6 siswa kategori kurang dan 2 siswa kategori cukup (motivasi sebelum tindakan sebesar 40%). Hasil analisis motivasi belajar siklus I motivasi belajar siswa meningkat, 8 siswa kategori cukup (motivasi belajar pasca siklus I sebesar 41,5%). Sedangkan hasil analisis motivasi belajar pasca siklus II, motivasi belajar 8 siswa meningkat menjadi kategori baik (skala motivasi belajar pasca siklus II sebesar 27,5%). Sehingga keseluruhan dari 2 siklus terjadi peningkatan 69% dan semua siswa berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar. Saran yang diberikan (1) Bagi Kepala sekolah hendaknya memiliki sikap apresiatif terhadap layanan BK sehingga dapat membuat kebijakan sekolah tentang peran penting dan saling berkolaborasi antara proses pembelajaran dengan layanan BK (2)Bagi Guru kelas hendaknya memasukkan bimbingan kelompok sebagai salah satu program tambahan di sekolah supaya siswa dapat melakukan kegiatan kelompok demi menunjang keberhasilan mereka dalam belajar, (3) Bagi Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu mereka dalam memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami oleh siswa, (4) Guru pembimbing hendaknya melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok pada saat jam bimbingan dan konseling dengan cara membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Sucipto, M.Pd, Kons., 2. Drs. Sabar Rutoto, M.Pd..
                      Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Bimbingan Kelompok
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                      FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Motivasi
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 10 Nov 2012 09:22
                      Last Modified: 10 Nov 2012 09:22
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/509

                      Actions (login required)

                      View Item