Upaya Meningkatkan Motif Berprestasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Aini, Atika Noor (2012) Upaya Meningkatkan Motif Berprestasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (662Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (141Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (319Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (184Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (330Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (164Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (108Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (86Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (26Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (1411Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X TO 2 SMK NU Ma’arif Kudus mempunyai motif berprestasi rendah seperti, siswa yang cenderung ramai sendiri di kelas saat pelajaran, suka mengobrol dengan teman, tidak membawa buku pelajaran dan kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung, siswa yang diberi latihan soal agak sulit, tidak mengerjakan soal tersebut, serta tidak mempunyai motivasi untuk berkompetisi dan berprestasi. Permasalahan yang akan diteliti: apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motif berprestasi siswa kelas X TO 2 SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya peningkatan motif berprestasi siswa yang dilakukan peneliti melalui bimbingan kelompok siswa kelas X TO 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: dapat lebih memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan kelompok sebagai bahan acuan untuk penelitian yang lebih lanjut lagi 2. Kegunaan Praktis: 1) Hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk mendukung program dalam pelaksanaan pemberian layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motif berprestasi belajar. 2) Dapat digunakan sebagai bahan acuan dan masukan untuk memberikan pengarahan kepada siswa tentang pentingnya pemberian bimbingan kelompok terhadap peningkatan motif berprestasi siswa di sekolah. 3) Hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dapat digunakan alternatif bimbingan kelompok untuk meningkatkan motif berprestasi. 4) Melalui penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan dan pengetahuan oleh peneliti yang berkaitan dengan pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motif berprestasi siswa, dan dapat menjadi bekal bagi peneliti sebagai tenaga pendidik nantinya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motif berprestasi siswa Kelas X TO 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, sebanyak 8 siswa yang mempunyai motif berprestasi yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan motif berprestasi (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan diskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 x 1 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok motif berprestasi siswa rendah dan masuk dalam kategori sangat kurang dengan persentase rata-rata 24%. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I, motif berprestasi siswa meningkat menjadi kategori kurang dengan persentase rata-rata 38%. Sedangkan pada siklus II motif berprestasi siswa terus meningkat menjadi kategori cukup dengan perolehan persentase rata-rata 64,5%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motif berprestasi pada siswa kelas X TO 2 SMK NU Ma’arif Kudus. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motif berprestasi pada siswa kelas X TO 2 SMK NU Ma’arif Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan motif berprestasi siswa dengan melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung, salah satunya dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok. 2. Konselor dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok sebagai tempat untuk mengembangkan motif berprestasi belajar siswa. 3. Siswa harus berperan aktif dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan prestasi belajarnya.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Dosen Pembimbing I Dr. Sukiman, M. Pd., Dosen Pembimbing II Drs. H. Sucipto, M.Pd, Kons.
                      Uncontrolled Keywords: Motif Berprestasi; Layanan Bimbingan Kelompok.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah menengah atas (SMA)
                      FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Motivasi
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 10 Nov 2012 10:17
                      Last Modified: 10 Nov 2012 10:17
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/512

                      Actions (login required)

                      View Item