ROBBANI, AHMAD BURHANUDDIN (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SD 1 CENDONO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
#HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (950kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
Abstrak
Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV SD 1 Cendono. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Drs. Sucipto, M.Pd., Kons (2) Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi Penelitian Ini Dilaksanakan Karena Rendahnya Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD 1 Cendono. Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Yakni Apakah Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini Yakni Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru, Dan Hasil Belajar Siswa, Pada Materi Perkembangan Teknologi Di SD 1 Cendono. Hasil Belajar Merupakan Nilai-Nilai Yang Diperoleh Sebagai Dampak Dari Pembelajaran Yang Mengakibatkan Manusia Berubah Dalam Sikap Dan Tingkah Laku Yang Ditandai Dengan Meningkatnya Ketrampilan Dalam Memecahkan Suatu Permasalahan Yang Dihadapi. Think Pair Share Terdapat Tiga Langkah Penting Diantaranya Adalah Think Yang Berarti Masing-Masing Siswa Memikirkan Jawaban Dari Permasalahan Yang Ditemui. Pair Yaitu Kegiatan Kelompok Siswa Diharuskan Berpasangan Dengan Teman Sebangkunya. Kemudian Share Yaitu Tindakan Berbagi Hasil Diskusinya Dengan Kelompok Lain. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Cendono Dengan Subjek Penelitian 18 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap, Yakni Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing) Dan Refleksi (Reflecting). Dalam Kegiatan Penelitian Ini Instrumen Penelitian Yang Digunakan Peneliti Berupa Silabus, RPP, Lembar Pengamatan Keterampilan Guru, Lembar Pengamatan Hasil Belajar Siswa Dan Soal Evaluasi. Variabel Bebas Adalah Model Think Pair Share. Sedangkan Variable Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Ini Yakni Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Siswa Yang Mengalami Peningkatan Dari Siklus I Ke Siklus II, Hal Ini Ditunjukkan Dari Kegiatan Pengamatan Keterampilan Guru Pada Siklus I Memperoleh Persentase Rata-Rata 71,67% Dengan Kriteria Tinggi, Pada Siklus II Persentase Rata-Rata Meningkat Menjadi 78,33%. Demikian Juga Dengan Kegiatan Pengamatan Hasil Belajar Siswa Yang Mengalami Peningkatan Dari Prasiklus Hingga Siklus II Dengan Pesentase Keberhasilan Pada Prasiklus Sebesar 44,44%, Pada
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. H. Sucipto, M.Pd, Kons. |
Kata Kunci: | Think Pair Share, Learning Result, Technology Development |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 05:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 05:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5178 |
Actions (login required)
View Item |