PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN Pkn MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SD 1 NGEMBAL KULON JATI KUDUS

Setiani, Asih (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN Pkn MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SD 1 NGEMBAL KULON JATI KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (797Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (217Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (342Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (566Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1963Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (207Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (105Kb) | Request a copy
                [img] PDF
                Download (108Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy
                    [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (108Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian Ini Bertujuan Untuk: (1) Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Dalam Meningkatkan Keterampilan Guru Pada Pembelajaran Pkn Materi Jenis Budaya Indonesia Yang Pernah Ditampilkan Dalam Misi Kebudayaan Internasional Siswa Kelas IV Di SD 1 Ngembal Kulon Jati Kudus, (2) Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Jenis Budaya Indonesia Yang Pernah Ditampilkan Dalam Misi Kebudayaan Internasional Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Video Di SD 1 Ngembal Kulon Jati Kudus, (3) Mengetahui Kualitas Materi An Media Pembelajaran Jenis Budaya Indonesia Yang Pernah Ditampilkan Dalam Misi Kebudayaan Internasional Siswa Kelas IV Di SD 1 Ngembal Kulon Jati Kudus. Kualitas Pembelajaran Adalah Tingkat Keberhasilan Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Yang Dapat Dilihat Dari Segi Proses Dan Hasil Pembelajaran. Model Role Playing Merupakan Suatu Pola Atau Langkah-Langkah Pembelajaran Yang Dapat Membantu Siswa Untuk Menguasai Materi Pelajaran Melalui Pengembangan Imajinasi Dan Penghayatan Siswa Dengan Memerankan Diri Sebagai Tokoh Hidup Atau Benda Mati. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Jati Kudus Dengan Subjek Penelitian Peneliti Sebagai Guru Dan 26 Siswa. Penelitian Ini Terbagi Menjadi Dua Siklus Dan Di Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Pertemuan. Prosedur Penelitian Pada Setiap Siklusnya Terdiri Dari Perencaanan, Tindakan, Pengamatan, Dan Refleksi. Metode Pengumpulan Data Berupa Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Keterampilan Guru Meningkat. Pada Siklus I Memperoleh Persentase Sebesar 72,40%, Sedangkan Pada Siklus II Memperoleh Persentase Sebesar 91,15%. Hasil Belajar Kondisi Awal Siswa Ketuntasan Klasikal Sebesar 53,85% Dengan Rata-Rata Nilai 69,69, Meningkat Pada Siklus I Menjadi 65,38% Dengan Rata-Rata Nilai 73,85 Dan Pada Siklus II Menjadi 84,62% Dengan Rata-Rata Nilai 82,88. Aktivitas Siswa Ranah Afektif Meningkat, Pada Siklus I Memperoleh Persentase Sebesar 66,32%, Sedangkan Pada Siklus II Memperoleh Persentase Sebesar 79,61%. Sedangkan Aktivitas Siswa Ranah Psikomotorik Meningkat, Pada Siklus I Memperoleh Persentase Sebesar 65,56%, Sedangkan Pada Siklus II Memperoleh Persentase Sebesar 78,68%. Kualitas Materi Meningkat, Pada Siklus I Memperoleh Persentase Sebesar 78,75%, Sedangkan Pada Siklus II Memperoleh Persentase Sebesar 88,75%. Kualitas Media Meningkat, Pada Siklus I Memperoleh Persentase Sebesar 83,33%, Sedangkan Pada Siklus II Memperoleh Persentase Sebesar 95,83%. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan Bahwa Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Video Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Jati Kudus. Saran Yang Dapat Disampaikan, Diharapkan Guru Harus Terus Berusaha Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Dalam Kelas Salah Satunya Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Video Yang Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa, Minat Belajar, Kreativitas Dan Daya Imajinasi.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pkn, Role Playing, Media Video
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                      Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 13:59
                      Last Modified: 21 Jun 2016 13:59
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5187

                      Actions (login required)

                      View Item