Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Melalui Layanan Bimbingan kelompok Siswa Kelas X.4 Man 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2012

Huda, Miftakhul (2012) Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Melalui Layanan Bimbingan kelompok Siswa Kelas X.4 Man 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (360Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (81Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (168Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (213Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (264Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (167Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (29Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (68Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1610Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (76Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Dalam upaya pencapaian hasil belajar yang optimal, kemampuan siswa dalam beradaptasi di dalam lingkungan sekolah, baik dengan teman, guru, kurikulum juga saat pembelajaran sangatlah penting karena berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Kemampuan beradaptasi siswa tidaklah sama satu dengan lainnya. Hal itu dikarenakan ada faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan beradaptasi siswa. Dari hasil pengalaman peneliti selama melaksanakan PPL di MAN 2 Kudus menunjukkan banyak peserta didik masih kurang beradaptasi. Salah satunya ditandai dengan banyaknya penyimpangan dalam beradaptasi siswa Kelas X.4 MAN 2 Kudus. Dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi siswa, maka peneliti menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi siswa. Permasalahan penelitian ini: 1. Bagaimanakah penerapan layanan bimbingan kelompok terhadap siswa kelas X.4 MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012 ? 2. Seberapa besar meningkatkan kemampuan beradaptasi pada siswa kelas X.4 MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Adapun tujuan penelitian adalah 1. Untuk mendiskripsikan kemampuan beradaptasi siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok kelas X.4 MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Untuk mendeskripsikan kemampuan beradaptasi siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok kelas X.4 MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 3. Untuk memperoleh seberapa besar pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, upaya meningkatkan kemampuan beradaptasi siswa kelas X.4 MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian dari penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling, Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.4 MAN 2 Kudus. Siswa kelas tersebut berjumlah 42 siswa, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 30 perempuan. Dalam satu kelas tersebut di berikan angket tentang beradaptasi, setelah itu angket analisis untuk mengetahui siswa yang masih rendah dalam beradaptasi, selanjutnya diberikan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi. Adapun prosedur PTBK pada tiap siklus akan dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil observasi ketepatan peneliti dan anggota juga hasil wawancara diperoleh temuan bahwa pelaksanaan meningkatkan kemampuan beradaptasi siswa melalui layanan bimbingan kelompok hasilnya sudah sangat tinggi. Ada peningkatan ketepatan peneliti dan anggota dari siklus I ke siklus II 22% untuk peneliti dan 32% untuk anggota. Sedangkan hasil wawancara pada akhir siklus ke II menunjukan jumlah terbanyak pada tingkat tinggi. Simpulan: Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan bimbingan konseling, maka dapat disimpulkan bahwa 1. Layanan bimbingan kelompok dalam meningkakan kemampuan beradaptasi siswa kelas X.4 MAN 2 Kudus berjalan dengan baik. 2. Kemampuan beradaptasi siswa setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok pada kategori yang sangat tinggi untuk observasi dan wawancara menunjukan jumlah terbanyak pada tingkat tinggi. Saran: Berdasarkan hasil kesimpulan di atas maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah, Memotivasi para konselor sekolah untuk melakukan penelitian tindakan bimbingan konseling. 2. Konselor Para guru perlu mengembangkan layanan-layanan dalam bimbingan konseling untuk membantu para siswa untuk lebih meningkatkan prestasi, juga untuk meningkatkan kepribadian siswa yang lebih baik. 3. Siswa harus lebih banyak berlatih dan melakukan diskusi atau bertukar pikiran dan pengalaman dengan cara membentuk kelompok-kelompok belajar.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Dosen Pembimbing: I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, II Dra.Hj. Sutarti, SE.MM.
                      Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, dan Beradaptasi
                      Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia.
                      FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi diferensial. Individualitas. Diri sendiri.
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 10 Nov 2012 11:13
                      Last Modified: 10 Nov 2012 11:13
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/519

                      Actions (login required)

                      View Item