Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iv Sdn 2 Mayonglor Pada Materi Jaring- Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Problem Based Learning

Ratna Ningsih, Pemi (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iv Sdn 2 Mayonglor Pada Materi Jaring- Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Problem Based Learning. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (692kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah (1) Mendeskripsikan Peningkakan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Problem Based Learning. (2) Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning Yang Dimaksudkan Dalam Penelitian Ini Merupakan Model Pembelajaran Dimana Peserta Didik Dihadapkan Pada Sebuah Situasi Masalah Autentik Dan Bermakna, Melatih Peserta Didik Berpikir Kritis Dan Keterampilan Beripikir Tingkat Tinggi Untuk Memecahkan Masalah Melalui Penyelidikan Dan Inkuiri. Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Adalah Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan (Ranah Kognitif), Sikap (Ranah Afektif), Dan Keterampilan (Ranah Psikomotor) Serta Peningkatan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara Tahun 2014/2015 Dengan Subjek Penelitian Peneliti Sebagai Guru Dan 24 Peserta Didik. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Pengamatan Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Problem Based Learning. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Matematika. Instrumen Penelitian Ini Adalah Tes, Lembar Observasi Dan Pedoman Wawancara. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Klasikal Hasil Belajar Pengetahuan (Ranah Kognitif) Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (70,83%), Dan Siklus II (91,67%), Didukung Dengan Peningkatan Hasil Belajar Sikap (Ranah Afektif) Pada Siklus I 2,80 (Baik) Menjadi 3,63 (Sangat Baik) Siklus II Serta Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan (Ranah Psikomotor) Pada Siklus I 2,67 (Baik) Menjadi 3,51 (Sangat Baik) Siklus II. Hal Tersebut Membuktikan Bahwa Penggunaan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SDN 2 Mayonglor Dapat Disimpulkan Bahwa Melalui Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Kelas IV SDN 2 Mayonglor. Disarankan Guru Dapat Menerapkan Model Pembelajaran Yang Inovatif Misalnya Model Problem Based Learning Dengan Memberikan Masalah Autentik, Yang Menuntut Peserta Didik Untuk Melakukan Penyelidikan Dalam Proses Memecahkan Masalah Yang Dihadapi. Sehingga Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Peserta Didik Akan Terbiasa Berpikir Kritis Dan Melatih Peserta Didik Berpikir Tingkat Tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Jaring-Jaring Balok Dan Kubus
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jun 2016 07:31
Last Modified: 21 Jun 2016 07:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item