PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SD 4 PLOSO KUDUS

Astuti, Ayu Puji (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SD 4 PLOSO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (696Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (212Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (795Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (543Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1376Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (195Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (104Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Lampiran ) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (11Mb) | Request a copy
                  [img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (96Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Think Pair Share Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD 4 Ploso Kudus. Hasil Belajar Adalah Suatu Hasil Yang Dicapai Siswa Dari Usahanya Selama Mengikuti Pembelajaran Yang Mencakup Ranah Kognitif, Afektif, Serta Psikomotorik. Dari Segi Proses, Pembelajaran Dikatakan Berhasil Dan Berkualitas Apabila Seluruh Atau Setidak-Tidaknya Sebagian Besar Siswa Terlibat Aktif, Baik Fisik, Mental, Maupun Sosial Dalam Proses Pembelajaran, Disamping Menunjukkan Kegairahan Belajar Yang Tinggi, Semangat Belajar Yang Besar, Dan Rasa Percaya Diri Sendiri. Sedangkan Dari Segi Hasil, Proses Pembelajaran Dikatakan Berhasil Apabila Terjadi Perubahan Perilaku Yang Positif Pada Diri Siswa Seluruhnya Atau Setidak-Tidaknya Sebagian Besar. Model Think Pair Share Merupakan Suatu Pola Atau Langkah-Langkah Pembelajaran Yang Dapat Membantu Siswa Untuk Menguasai Materi Pelajaran Melalui 3 Tahap Utama Yaitu Thinking Yang Berarti Berpikir, Pairing Yang Berarti Berpasangan Kemudian Sharing Yang Berarti Berbagi. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa Kelas IV SD 4 Ploso Kudus. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IV SD 4 Ploso Kudus Dengan Subjek Penelitian Peneliti Sebagai Guru Dan 26 Siswa. Penelitian Ini Terbagi Menjadi Dua Siklus Dan Disetiap Siklus Terdiri Dari 2 Pertemuan. Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam. Metode Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Indikator Keberhasilan Dalam Penelitian Ini Adalah Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Kriteria Sekurang-Kurangnya Baik Dan Hasil Belajar Minimal 67. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (65,38%), Dan Siklus II (84,62%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Ranah Afektif Pada Siklus I 66,32% Menjadi 79,61% Siklus II Sedangkan Ranah Psikomotorik Pada Siklus I 65,56% Menjadi 78,68% Siklus II. Keterampilan Guru Mengalami Peningkatan Antara Siklus I (71,77%) Dan Siklus II (85,88%). Hal Itu Membuktikan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD 4 Ploso Kudus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 4 Ploso Kudus Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Video Pembelajaran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD 4 Ploso Kudus. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share, Guru Harus Memberi Pertanyaan-Pertanyaan Yang Mengarah Pada Materi Pembelajaran Agar Siswa Dapat Mengembangkan Daya Berpikirnya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons.
                    Uncontrolled Keywords: : Learning Achievement, Think Pair Share Learning Model, And Science Subject.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 21 Jun 2016 14:41
                    Last Modified: 21 Jun 2016 14:41
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5191

                    Actions (login required)

                    View Item