Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture

SAFITRI , DWI PUPUT (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (541kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (126kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 01 Jatibarat Jepara yang ditunjukkan masih banyak siswa yang nilaianya dibaeah (KKM 65).Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatkan hasil belajar IPA, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA, melalui model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 01 Jatibarat Jepara materi sumber daya alam? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan hasil belajar IPA, dan mendeskripsikan keterampilan guru dalampembelajaranIPA padasiswakelas IV SDN 01 Jatibarat Jepara materi sumber daya alam dengan diterapkannya model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Lokasi penelitian ini yaitu di SDN 01 Jatibarat Jepara dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 01 Jatibarat Jepara tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitataif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA .Pada tahap pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar IPA hanya 45% dengan rata-rata kelas 54,5, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 54% dengan rata-rata kelas 54,5 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 86,4. Hasil aktivitas belajar siswa (afektif dan psikomotorik) aktivitas belajar siswa pada siklus I persentase rata-rata sebesar 53,2% dengan kriteri baik. Sedang kan pada siklus II diperoleh persenatse rata-rata 58,2%. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 73,6% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 76,4% dengan kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belaja rIPA, serta keterampilan guru kelas IV SDN 01 Jatibarat Jepara. Selanjutnya, saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalampembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran IPA, dan kepala sekolah sebaiknya memfasilitasi dengan sumber dana dan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
Kata Kunci: Picture and Picture, Hasil Belajar IPA, Sumber Daya Alam.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:35
Last Modified: 22 Jun 2016 03:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5210

Actions (login required)

View Item View Item