Studi Kasus Penerapan Model Konseling Behavioristik untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Siswa Tunadaksa Kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Hastuti, Puji (2012) Studi Kasus Penerapan Model Konseling Behavioristik untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Siswa Tunadaksa Kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (300Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (97Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (199Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (108Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (225Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (70Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (241Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (227Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1177Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (3326Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Anak Tunadaksa merasa hidupnya tidak berguna dan hanya menjadi beban bagi orang lain. Mereka merasa kesulitan untuk melakukan sosialisasi dengan dunia luar, karena keterbatasan fisiknya sehingga mengalami krisis percaya diri. Salah satu konseling yang dapat untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak Tunadaksa adalah konseling Behavioristik. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah: Bagaimana penerapan model konseling behavioristik dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswa tunadaksa kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model konseling behavioristik guna meningkatkan rasa percaya diri pada siswa tunadaksa kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Sedangkan yang menjadi kegunaan teoritis dalam penelitian ini adalah: (1) memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling, lebih khusus wawasan ini menyangkut tentang upaya meningkatkan rasa percaya diri pada siswa Tunadaksa melalui penerapan model konseling behavioristik. (2) Menjadi bahan pustaka untuk penelitian-penelitian selanjutnya. Sedangkan kegunaan praktis kegunaan praktis yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: (1) menambah wawasan bagi Pembimbing dalam layanan konseling, khususnya dalam penanganan siswa tunadaksa kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus yang rasa percaya dirinya rendah dengan menerapkan konseling behavioristik. (2) Guru Pembimbing dapat menerapkan konseling Behavior kepada siswa tunadaksa kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus sehingga mampu menangani siswa yang rasa percaya dirinya rendah agar menjadi meningkat. (3) membantu orang tua siswa tunadaksa kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus dalam membimbing putra putrinya yang rasa percaya dirinya rendah.(4) membantu siswa tunadaksa kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus untuk mengenali potensi dirinya termasuk kelebihan dan kekurangannya sehingga percaya dirinya meningkat. Sesuai dengan judul penelitian ini, maka dalam penelitian ini hanya mengungkap tentang cara memberikan bantuan kepada siswa kelas Tunadaksa Kelas III SDLB yang rasa percaya dirinya rendah dengan penerapan model konseling behavioristik.Jenis penelitian studi kasus. Pendekatan penelitian dilakukan dengan cara kualitatif deskriftif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian adalah: 3 (tiga) konseli, kelas III SDLB tahun pelajaran 2011/2012 yang diasumsikan mengalami rasa percaya dirinya rendah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya rasa percaya diri siswa Kelas III Tunadaksa SDLB Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu faktor penyebab dari dalam diri YAR, FBS, dan TAW rasa percaya dirinya rendah adalah ketunaan fisik kedua kakinya mengalami kelayuan, tangan kanannya mengalami kelayuan, dan tangan kirinya mengalami kelayuan sehingga berdampak pada perilakunya suka menyendiri, malu, penakut, kurang bergaul, kurang konsentrasi, malas belajar, dan hiperaktif. Faktor dari orang tua yaitu adanya kurang rasa kasih sayang dan sikap memanjakan dari klien sehingga kemandiriannya kurang. Lingkungan pergaulan yang mempengaruhi diri Konseli yaitu adanya ejekan dari teman pergaulannya sehingga klien lebih menyukai berdiam diri, apatis, tidak mau bersosialisasi dengan teman-temannya. (2) Penerapan model konseling Behavioristik untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa tunadaksa kelas III SDLB Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012 Penerapan model konseling Behavioristik dapat mengentaskan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh konseli tersebut dengan memberikan treatment konseling behavioristik dengan langkah, goal setting, technique implementation dan evaluation termination. Melalui treatment tersebut Konseli YAR, FBS, TAW. Konseli YAR dapat merubah perilakunya yang minder/malu berubah menjadi percaya diri dan pemberani, perilaku suka menyendiri berubah menjadi anak yang suka bergaul dan bersosialisasi, perilaku pemalas menjadi rajin, dan perilaku manja berubah menjadi perilaku mandiri/ normal. Konseli FBS dapat merubah perilakunya dari yang pemalu, pemarah, dan tukang gambeg berubah menjadi percaya diri, penyabar, pemaaf, dan bersikap lapang dada baik di sekolah maupun di rumah. Konseli TAW dapat merubah perilakunya dari yang hiperaktif, penakut dan malas berubah menjadi percaya diri dan pemberani serta berperilaku normal dan bersahaja baik di sekolah maupun di rumah. Disarankan kepada: (1) Kepala Sekolah hendaknya turut mendeteksi secara dini gejala-gejala siswa yang rasa percaya dirinya rendah sehingga dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan belajar siswa di sekolah. (2) Guru pembimbing hendaknya dapat mendeteksi secara dini siswa-siswa yang memiliki gejala rasa percaya dirinya rendah dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling Behavioristik. Melalui pendekatan ini siswa yang rasa percaya dirinya rendah meningkat kepercayaan dirinya. (3) Orang tua/ wali murid hendaknya turut mendeteksi anak-anaknya di rumah yang memiliki rasa percaya dirinya rendah sehingga dapat terdeteksi sejak dini dan dapat bersama-sama sekolah untuk membantu dalam memecahkan dan menangani permasalahannya dengan efektif dan efisien. (4) Siswa-siswi yang merasa rasa percaya dirinya rendah dapat meminta layanan bimbingan konseling agar perilaku berubah dari rasa percaya diri rendah menjadi tinggi.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. Sucipto, M.Pd Kons., Pembimbing II: Drs. Arista Kiswantoro.
                      Uncontrolled Keywords: Studi Kasus, Model Konseling Behavioristik, dan Rasa Percaya Diri
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                      Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
                      FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi kepribadian
                      Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan anak dan remaja berkebutuhan khusus. Pendidikan anak dan remaja berbakat.
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 10 Nov 2012 12:16
                      Last Modified: 10 Nov 2012 12:16
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/522

                      Actions (login required)

                      View Item