: Student Team Avhievement Division, Results Learn To Read, Pantun

Setyowati, Ika (2015) : Student Team Avhievement Division, Results Learn To Read, Pantun. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (776kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (537kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Rendahnya Hasil Belajar IPS Serta Minat Belajar Siswa Yang Rendah Terhadap Pelajaran IPS Merupakan Latar Belakang Dalam Penelitian Ini. Kondisi Tersebut Disebabkan Oleh Beberapa Faktor, Salah Satunya Yaitu Model Pembelajaran Yang Masih Konvensional. Hal Tersebut Menyebabkan Siswa Kurang Aktif Dalam Pembelajaran, Selain Itu Siswa Hanya Ditugaskan Untuk Menghafal Dan Menulis Saja. Tujuan Dalam Penelitian Ini Yaitu Untuk Mengetahui Apakah Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw I Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD 4 Puyoh Pada Materi Koperasi. Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw I Dipilih Karena Dalam Langkah-Langkah Pembelajarannya Mengajak Siswa Untuk Aktif Dalam Pembelajaran Sehingga Keaktifan Dan Kreatifitas Siswa Meningkat. Penelitian Ini Termasuk Penelitian Kuantitatif, Teknik Pengumpulkan Datanya Ialah Tes,Observasi, Dan Wawancara. Data Yang Diperoleh Meliputi Data Hasil Belajar, Pengelolaan Kelas, Dan Akktifitas Belajar Siswa. Analisis Data Pada Penelitian Ini Yakni Analisis Data Kuantitafif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw I Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD 4 Puyoh Dawe Kudus. Hal Ini Terbukti Dengan Adanya Peningkatan Persentase Ketuntasan Belajar Serta Nilai Rata-Rata Pada Setiap Siklus. Persentase Ketuntasan Prasiklus Sebesar 50 % Dengan Nilai Rata-Rata Klasikal 67 Menjadi 62.5% Dengan Nilai Rata-Rata Klasikal 68.75 Pada Siklus I. Persentase Ketutasan Belajarpada Siklus II Sebesar 87.5% Atau Terjadi Peningkatan 35% Serta Nilai Rata-Rata Klasikalnya Yaitu 75. Pengelolaan Kelas Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Dibanding Pada Siklus I, Pada Siklus II Memperoleh Skor Pengelolaan Kelas Sebesar 3.5 Dengan Kriteria Pengelolaan Kelas Sangat Baik, Sedangkan Pada Siklus I Skor Pengelolaan Kelas Memperoleh 2.6 Dengan Kriteria Baik. Akktifitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Skor Rata-Rata 2,46 Dengan Kriteria Akktifitas Belajar Siswa Cukup Baik Sedangkan Pada Siklus II Memperoleh Skor Rata-Rata Sebesar 3,3 Dengan Kriteria Akktifitas Belajar Siswa Sangat Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Ini Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw I Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD 4 Puyoh. Temuan Dilapangan Menunjukkan, Terdapat Dua Siswa Yang Belum Tuntas Meskipun Telah Diterapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw I. Untuk Mengatasi Permasalahan Tersebut Sebaiknya Dalam Proses Pembelajaran Siswa Yang Belum Tuntas Tersebut Mendapatkan Perhatian Yang Intensif Tanpa Melupakan Siswa Yang Lain. Oleh Sebab Itu, Peneliti Menyarankan Agar Setiap Guru Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw I Agar Tercipta Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif Sehingga Hasil Belajar Siswa Dapat Meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Learning Outcomes, Jigsaw I, Social Sciences.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:35
Last Modified: 22 Jun 2016 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item