Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus

ARISTA, KIFNI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (511kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (325kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (288kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (73kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (92kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Thik Pair Share dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang membuat variasi suasana pada diskusi kelas memberikan waktu pada siswa untuk berpikir, merespons, dan saling membantu yang bertujuan untuk membentuk pola interaksi siswa, mengoptimalkan partisipasi siswa, menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran, aktif untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan bagi siswa kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Instrument penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar kognitif matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus I (50%), dan siklus II (81%), didukung dengan peningkatan hasil belajar afektif siklus I 58% (cukup) menjadi 77% (baik) siklus II dan hasil belajar psikomotorik siklus I 58% (cukup) menjadi 78% (baik) pada siklus II. Keterampilan pembelajaran guru dengan model Think Pair Share juga mengalami peningkatan pada siklus I 69% (baik) menjadi 94% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Bulungcangkring dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share, guru harus guru harus menciptakan variasi dalam diskusi agar siswa dapat saling bantu sama lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pecahan, Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 05:16
Last Modified: 22 Jun 2016 05:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item