Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus

ARISTA, KIFNI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (499Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (210Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (317Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (282Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1390Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (227Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (71Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (90Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Thik Pair Share dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang membuat variasi suasana pada diskusi kelas memberikan waktu pada siswa untuk berpikir, merespons, dan saling membantu yang bertujuan untuk membentuk pola interaksi siswa, mengoptimalkan partisipasi siswa, menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran, aktif untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan bagi siswa kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Instrument penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar kognitif matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus I (50%), dan siklus II (81%), didukung dengan peningkatan hasil belajar afektif siklus I 58% (cukup) menjadi 77% (baik) siklus II dan hasil belajar psikomotorik siklus I 58% (cukup) menjadi 78% (baik) pada siklus II. Keterampilan pembelajaran guru dengan model Think Pair Share juga mengalami peningkatan pada siklus I 69% (baik) menjadi 94% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Bulungcangkring dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV SDN 2 Bulungcangkring Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Think Pair Share, guru harus guru harus menciptakan variasi dalam diskusi agar siswa dapat saling bantu sama lain.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pecahan, Think Pair Share
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 12:16
                    Last Modified: 22 Jun 2016 12:16
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5224

                    Actions (login required)

                    View Item