PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD 1 PURWOREJO

Aristya Endrastri, Zenith Vicky (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD 1 PURWOREJO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (327kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (394kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (76kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (122kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Model Contextual Teaching Learning Di SD 1 Purworejo. Kemampuan Pemahaman Konsep Merujuk Pada Kemampuan Siswa Dalam Memahami Soal-Soal Yang Diberikan Oleh Guru. Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Difokuskan Pada Muatan Matematika Materi Pecahan Kelas IV Semester 2. Pembelajaran Dengan Model Contextual Teaching Learning Terdiri Atas Tujuh Langkah Yang Meliputi: 1) Konstruktivisme; 2) Bertanya; 3) Menemukan; 4) Masyarakat Belajar; 5) Pemodelan; 6) Refleksi; Dan 7) Penilaian Sebenanya . Subjek Penelitian Berjumlah 12 Siswa Yang Terdiri Atas 6 Laki-Laki Dan 6 Perempuan. Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Dilakukan Selama 2 Siklus. Setiap Siklus Dilakukan Selama 2 Kali Pertemuan. Prosedur Penelitian Setiap Siklus Dilakukan Melalui Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi.Teknik Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Metode Observasi, Metode Tes, Metode Wawancara, Dan Metode Dokumentasi.Data Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Diperoleh Dari Tes Evaluasi. Sedangkan Aktivitas, Dan Performansi Guru Diukur Berdasarkan Pedoman Observasi. Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Meningkat Dari Ketuntasan Klasikal 67,5% Pada Siklus I Meningkat Menjadi Ketuntasan Klasikal 76,3% Pada Siklus II. Aktivitas Siswa Meningkat Dari Dari Prosentase 83,33% Pada Siklus I Menjadi 91,67% Dengan Kriteria Sangat Baik (SB) Pada Siklus II. Performansi Guru Meningkat Dari Prosentase 85% Pada Siklus I Menjadi 93,33% Dengan Kriteria Sangat Baik (SB) Pada Siklus II. Berdasarkan Hasil Tersebut, Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Contextual Teaching Learning Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD 1 Purworejo Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan.Saran Dalam Penelitian Hendaknya Siswa Bisa Lebih Aktif Dalam Mengikuti Pembelajaran Matematika Dan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dapat Dijadikan Alternative Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Eka Zuliana S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning, Conceptual Understanding.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 05:45
Last Modified: 22 Jun 2016 05:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item