Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Iv Sd 3 Sidigede Pada Pembelajaran Ips Melalui Model Numbered Heads Together Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar

FAINZAH, VERA NUR (2016) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Iv Sd 3 Sidigede Pada Pembelajaran Ips Melalui Model Numbered Heads Together Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1113Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (240Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (456Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (601Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2003Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (349Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (209Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (215Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (8Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitianinibertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaranNumbered Heads Together dengan pemanfaatan lingkungan sekitar pada pembelajaran IPS di kelas IV SD 3 Sidigede dan mendeskripsikan peningkatan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD 3 Sidigede pada pembelajaran IPS setelah diterapkan Numbered Heads Togetherdengan pemanfaatan lingkungan sekitar. Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan yang harus dikembangkan untuk menjalin hubungan dengan orang lain yang berada di sekitar kita. IPS adalah ilmu yang berhubungan dengan kehidupan dan interaksi antar manusia. Model Numbered Heads Together adalah metode belajar dengan cara setiap siswa diberi nomor dan dibuat kelompok, kemudian secara acak, guru memanggil nomor siswa. Lingkungan adalah suatu ruang yang digunakan manusia untuk beraktivitas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Sidigede dengan subjek penelitian 29 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Metode pengumpulan data yang akan digunakan berupa wawancara, observasi, dan angket. Data yang telah terkumpul dalam penelitian ini akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskripstif, sedangkan teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui model Numbered Heads Together dengan pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan proses pembelajaran IPS dan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD 3 Sidigede. Hal ini dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Pembelajaran IPS pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 75% menjadi 90%. Peningkatan pembelajaran IPS sebesar 15% (2) Kecerdasan interpersonal siswa meningkat sebesar 25% dari siklus I 62% menjadi 87% pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu model Numbered Heads Together dengan pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD 3 Sidigede pada mata pelajaran kegiatan ekonomi dan sumber daya alam. Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya lebih berinteraksi dengan baik dalam belajar kelompok agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons,
                    Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, IPS, Numbered Heads Together, PemanfaatanLingkungan
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 13:09
                    Last Modified: 22 Jun 2016 13:09
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5231

                    Actions (login required)

                    View Item