PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD 4 SOCO DAWE KUDUS

Aprilianto, Adhe Candra (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD 4 SOCO DAWE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (619Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (246Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (357Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (394Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1928Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (216Kb) | Request a copy
              [img] PDF (bAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (103Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (3814Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                  Download (103Kb)

                    Abstrak

                    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanketerampilan Guru Danmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadalampenerapan Model Pembelajaranrole Playingpadamatapelajaranpknmateriglobalisasipadasiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus Hasilbelajarmerupakanhasil Yang Dicapaisiswasebagaibuktikeberhasilansetelahmenerimapengalamanpembelajaran.Role Playingmerupakanpembelajarandengancaramemberikanperan-Perantertentukepadasiswadalambentukketerlibatanpengalamansesungguhnya Yang Dirancangoleh Guru Dandiperankanolehsiswa. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenerapan Model Pembelajaranrole Playingdapatmeningkatkanketerampilanmengajar Guru Danmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus Padamateriglobalisasi. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan Di Keas IV SD 4 Socodengansubjekpenelitianiniadalah Guru Dan15 Siswa, 8 Laki-Lakidan 7 Perempuan.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiridariduapertemuan.Variabelbebasadalah Model Pembelajaranbermainperan.Sedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajarpknmateriglobalisasikelas IV SD 4 Soco.Teknikpengumpulan Data Yang Digunakanadalahtekniktes, Observasi, Wawancaradandokumentasi.Analisis Data Yang Digunakanmerupakananalisis Data Kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatpeningkatanketerampilan Guru Padasiklus I Mendapatskor Rata-Rata Persentase 67,5% Meningkatpadasiklus II Menjadiskorrata-Rata Persentaseyaitu 82,5% Dengankualifikasibaik. Hasilbelajarsiswapadaranahafektifsiklus I Skor Rata-Rata Mencapai 2,3meningkatpadasiklus II Menjadi 2,65 Dengankriteriabaik. Hasilbelajarpadaranahpsikomotoriksiklus I Skor Rata-Rata Mencapai 2,03meningkatpadasiklus II Menjadi 2,65 Dengankriteriabaik. Hasilbelajarsiswapadaranahkognitifsiklus I Smempunyainilai Rata-Rata 69denganketuntasanklasikal (53,33 %)Danhasilsiklus II Dengannilai Rata-Rata 75denganketuntasanklasikal (80%). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas Yang Dilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodel Role Playingdapatmeningkatkanketerampilan Guru Danhasilbelajarsiswamatapelajaranpknmateriglobalisasipadasiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus. Adapun Saran Yang Diberikanyakni Guru Dapatmenggunakan Model Dalampembelajaranrole Playingsebagai Alternative Model Dalampembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Role Playing, Learning Outcomes Civic Education,Globalization
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 13:12
                    Last Modified: 22 Jun 2016 13:12
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5233

                    Actions (login required)

                    View Item