Aprilianto, Adhe Candra (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD 4 SOCO DAWE KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (634kB) |
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
bab_2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
bab_4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
bab_5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
PDF (bAB 6)
bab_6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (106kB) |
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanketerampilan Guru Danmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadalampenerapan Model Pembelajaranrole Playingpadamatapelajaranpknmateriglobalisasipadasiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus Hasilbelajarmerupakanhasil Yang Dicapaisiswasebagaibuktikeberhasilansetelahmenerimapengalamanpembelajaran.Role Playingmerupakanpembelajarandengancaramemberikanperan-Perantertentukepadasiswadalambentukketerlibatanpengalamansesungguhnya Yang Dirancangoleh Guru Dandiperankanolehsiswa. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenerapan Model Pembelajaranrole Playingdapatmeningkatkanketerampilanmengajar Guru Danmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus Padamateriglobalisasi. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan Di Keas IV SD 4 Socodengansubjekpenelitianiniadalah Guru Dan15 Siswa, 8 Laki-Lakidan 7 Perempuan.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiridariduapertemuan.Variabelbebasadalah Model Pembelajaranbermainperan.Sedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajarpknmateriglobalisasikelas IV SD 4 Soco.Teknikpengumpulan Data Yang Digunakanadalahtekniktes, Observasi, Wawancaradandokumentasi.Analisis Data Yang Digunakanmerupakananalisis Data Kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatpeningkatanketerampilan Guru Padasiklus I Mendapatskor Rata-Rata Persentase 67,5% Meningkatpadasiklus II Menjadiskorrata-Rata Persentaseyaitu 82,5% Dengankualifikasibaik. Hasilbelajarsiswapadaranahafektifsiklus I Skor Rata-Rata Mencapai 2,3meningkatpadasiklus II Menjadi 2,65 Dengankriteriabaik. Hasilbelajarpadaranahpsikomotoriksiklus I Skor Rata-Rata Mencapai 2,03meningkatpadasiklus II Menjadi 2,65 Dengankriteriabaik. Hasilbelajarsiswapadaranahkognitifsiklus I Smempunyainilai Rata-Rata 69denganketuntasanklasikal (53,33 %)Danhasilsiklus II Dengannilai Rata-Rata 75denganketuntasanklasikal (80%). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas Yang Dilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodel Role Playingdapatmeningkatkanketerampilan Guru Danhasilbelajarsiswamatapelajaranpknmateriglobalisasipadasiswakelas IV SD 4 Socodawe Kudus. Adapun Saran Yang Diberikanyakni Guru Dapatmenggunakan Model Dalampembelajaranrole Playingsebagai Alternative Model Dalampembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Role Playing, Learning Outcomes Civic Education,Globalization |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:12 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 06:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5233 |
Actions (login required)
View Item |