Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ipa Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Gondangmanis Bae Kudus

Ambarwati, Octina (2015) Penerapan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ipa Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Gondangmanis Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (565kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (997kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (666kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (170kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Example Non Example Dan Menemukan Peningkatan Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD 6 Gondangmanis Bae Kudus. Peningkatan Pembelajaran Merupakan Suatu Kemampuan Yang Menghasilkan Perubahan Berupa Peningkatan Hasil Belajar Dan Keterampilan Guru Dalan Proses Belajar Dan Mengajar Melalui Model Example Non Example. Strategi Ini Lebih Menekankan Pada Proses Berpikir Secara Kritis Dalam Menganalisis Gambar Untuk Menemukan Jawaban Dari Gambar Yang Disajikan. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Pada Kelas IV SD 6 Gondangmanis Bae Kudus Dengan Subjek Penelitian 16 Siswa. Metode Pengumpulan Data Berupa Observasi, Tes, Dan Dokumentasi.Penelitian Ini Terbagi Menjadi Dua Siklus Dan Disetiap Siklus Terdiri Dari 2 Pertemuan, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Kondisi Awal Siswa Sebelum Tindakan Mendapat Ketuntasan Klasikal Sebesar 37,5% Dengan Rata-Rata 64,5 Meningkat Pada Siklus I Menjadi 68,75% Dengan Rata-Rata 72,18 Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 81,25% Dengan Rata-Rata 81,56. Pengamatan Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik Siswa Secara Klasikal Pada Siklus I Mendapat Rata-Rata 67,7% Dengan Kriteria Baik Meningkat Pada Siklus II Menjadi 81,85% Dengan Kriteria Sangat Baik. Peningkatan Tersebut Didukung Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembeajaran Siklus I (76%), Siklus II (86%) Sehingga Model Example Non Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD 6 Gondangmanis. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 6 Gondangmanis Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Example Non Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD 6 Gondangmanis. Peneliti Menyarankan Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Example Non Example Adalah Dengan Membangkitkan Aktivitas Siswa Dengan Baik Agar Dapat Meningkatkan Hasil Belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pembelajaran IPA, Model Example Non Example
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 06:29
Last Modified: 22 Jun 2016 06:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5235

Actions (login required)

View Item View Item