Penggunaan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 03 Peganjaran Pada Mata Pelajaran Pkn

SHOFYAN, IVAN AHMAD (2016) Penggunaan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 03 Peganjaran Pada Mata Pelajaran Pkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (299Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (198Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (291Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (384Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (512Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (252Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (111Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (184Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi struktur organisasi pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi kelas IV SDN 03 Peganjaran Bae Kudus. Pemahaman konsep merupakan; 1) kemampuan untuk menyatakan ulang sebuah konsep/materi PKn yang telah diajarkan, 2) mengklasifikasikan tugas menurut kedudukannya dalam konsep, 3) memberikan contoh dan tidak contoh dari konsep, 4) menyajikan/menjelaskan bagian-bagian dari konsep, 5) mengembangkan syarat perlu yang berhubungan dengan konsep, 6) menggunakan/memanfaatkan prosedur yang berkaitan dengan konsep, dan 7) mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Aktivitas belajar merupakan kemampuan siswa dalam visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, drawing activities, motor activities, mental activities, dan emotional activities. Sedangkan Mind Mapping merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan sebagai metode efektif untuk mengembangkan gagasan-gagasan melalui rangkaian peta-peta konsep. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa materi struktur organisasi pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi bagi siswa kelas IV SDN 03 Peganjaran Bae Kudus. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Peganjaran Bae Kudus dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Mind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan terhadap nilai pemahaman konsep siswa pada materi struktur organisasi pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi yang cukup signifikan yaitu dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 67% (Sedang), dan meningkat pada siklus II sebesar 87% (Sangat Tinggi), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam siklus I sebesar 51,80% (rendah) meningkat pada siklus II sebesar 76,10% (tinggi). Pengelolaan pembelajaran model Mind Mapping juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 81,50% (baik) meningkat pada siklus II sebesar 86,30% (sangat baik). Hal tersebut membuktikan bahwa bahwa penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi struktur organisasi pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi pada kelas IV SDN 03 Peganjaran. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 03 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi struktur organisasi pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi kelas IV SDN 03 Peganjaran. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Mind Mapping, guru harus memberi gambaran-gambaran konsep materi secara jelas agar siswa dapat mengembangkan daya berpikirnya dan kreatifitas siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Deka Setiawan, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Aktivitas Belajar, PKn.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 13:57
                    Last Modified: 22 Jun 2016 13:57
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5238

                    Actions (login required)

                    View Item