Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisimelaluimodel Think Pair Share Berbantuan Mediaaudiovisual Di Kelas Iv Sd 2 Tumpangkrasak Kudus

Cahyono, Ady (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisimelaluimodel Think Pair Share Berbantuan Mediaaudiovisual Di Kelas Iv Sd 2 Tumpangkrasak Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (617Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (191Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (287Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (360Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1776Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (203Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (171Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (18Mb) | Request a copy
                  [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                  Download (140Kb)

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkanketerampilan Guru, Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswakelas IV SD 2 Tumpangkrasak Menerapkan Model Think Pair Shareberbantuan Media Audiovisual. Model Pembelajaran Think Pair Share Adalah Model Pembelajaran Yang Memberikan Kesempatan Pada Siswa Untuk Berpikir, Bekerja Sama Dan Berpartisipasi Dalam Diskusi. Media Audiovisual Adalah Media Pembelajaran Yang Menyajikan Unsur Gambar Dan Suara Secara Bersamaan. Keterampilan Menulis Eksposisi Adalah Kemampuan Melakukan Kegiatan Sebagai Hasil Perwujudan Gagasan Yang Dipaparkan Secara Tertulis Untuk Menyampaikan Informasi Mengenai Suatu Fakta, Atau Kejadian Yang Bertujuan Menambah Pengetahuan Pembaca.Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Yaituketerampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas IV SD 2 Tumpangkrasak Dapat Meningkat Melalui Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SD 2 Tumpangkrasak Dengan Subjek Penelitian 20 Siswa Dan Guru Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklusnya Terdiri Atas Dua Pertemuan. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Modelthink Pair Shareberbantuan Media Audiovisual, Sedangkan Variabel Terikatnya Adalah Keterampilanmenuliseksposisisiswakelasiv SD 2 Tumpangkrasak. Teknik Pengumpulan Data Penelitian Ini Berupa Tes, Observasi, Wawancara, Dandokumentasi. Data Yang Diperoleh Dari Tindakan Selanjutnya Dianalisisi Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa. Hal Ini Terlihat Dari Tercapainya Indikator Keberhasilan Yakni (1) Persentase Ketuntasan Belajar Klasikal Keterampilan Menulis Eksposisisiswa Siklus I 60% Meningkat Pada Siklus II Menjadi 85% Dengan Peningkatan Nilai Rata-Rata Kelas Pada Siklus I 65,5 Menjadi 73 Pada Siklus II, (2) Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Memperoleh Rata-Rata Nilai 61 Persentase 76,25% Kriteria “Tinggi” Meningkat Pada Siklus II Menjadi 67 Persentase 83,75% Kriteria “Sangat Tinggi”, Dan (3) Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Nilai 20,2 Persentase 72,14% Kriteria “Tinggi” Meningkat Pada Siklus II Menjadi 22 Persentase 78,57% Dengan Kriteria “Tinggi”. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi, Keterampilan Guru Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Tumpangkrasak. Saran Dalam Penelitian Ini Sebaiknya Memahami Dan Menerapkan Pembelajaran Dengan Model Think Pair Sharedan Media Audiovisualdalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Writing Skills Exposition, Think Pair Share, Audiovisual Media
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 14:34
                    Last Modified: 22 Jun 2016 14:34
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5242

                    Actions (login required)

                    View Item