Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sdn 1 Jepang Pakis Kecamatan Jati Kudus

Triana, Nika (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sdn 1 Jepang Pakis Kecamatan Jati Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (817kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran ] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk (1) Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Afektifpada Pembelajaran Pkn Dikelas V SD 1 Jepang Pakis Jati Kudus. (2) Untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Psikomotorik Pada Pembelajaran Pkn Dikelas V SD 1 Jepang Pakis Jati Kudus. (3) Untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif Pada Pembelajaran Pkn Dikelas V SD 1 Jepang Pakis Jati Kudus. Penerapan Model Problem Based Learning Merupakan Model Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Pemecahan Masalah Yang Diintegrasikan Dengan Kehidupan Nyata Dan Melatih Siswa Untuk Mendapatkan Konsep Baru. Hasil Belajar Pkn Adalah Hasil Yang Diperoleh Siswa Dalam Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Setelah Mengikuti Pembelajaran Pkn Materi Peraturan Perundang-Undangan. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas V SD 1 Jepang Pakis Jati Kudus Dengan Subjek Penelitian 25 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Grafis Komik. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Pkn. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Pengamatan, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Kuantitatif Dan Analisis Data Kualitatif. Hasil Penelitian Untuk Hasil Belajar Siswa Ranah Afektif Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Sebesar 68,3meningkat Pada Siklus II Nilai Rata-Rata Menjadi85,19 Hasil Belajar Siswa Ranah Psikomotorik Pada Siklus I Rata-Ratanya Sebesar 69,45 Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Rata-Rata Menjadi84,6. Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif Pada Siklus I Ketuntasan Klasikal Sebesar 68% Dengan Nilai Rata-Rata Kelas Sebasar 76 Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Ketuntasan Klasikal Sebesar 88% Dengan Nilai Rata-Rata Kelas Sebesar 82,6 Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dapat Disimpulkan Bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ranah Afektif, Psikomotorik Dan Kognitif Pada Siswa Kelas V SD 1 Jepang Pakis Jati Kudus. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Sebaiknya Guru Dalam Pembelajaran Dapat Menggunakan Model Pembelajaran Yang Lebih Inovatif Yakni Model Pembelajaranproblem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: SANTOSO, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Learning Outcomescivic, Legislation
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Jun 2016 08:23
Last Modified: 22 Jun 2016 08:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5247

Actions (login required)

View Item View Item