Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Numbered Head Together Siswa Kelas Iv Sd 3 Bulungcangkring Tahun Pelajaran 2014/2015 Kudus

Putri, Pravita Nourmala (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Numbered Head Together Siswa Kelas Iv Sd 3 Bulungcangkring Tahun Pelajaran 2014/2015 Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (589kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (105kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas IV SD 3 Bulungcangkring. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Yakni Suatu Pembelajaran Dimana Siswa Belajar Berdiskusi Untuk Menyampaikan Ide-Ide Dan Mempertimbangkan Jawaban Yang Paling Tepat. Tahapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Yaitu: Penomoran, Mengajukan Pertanyaan, Berpikir Bersama, Dan Menjawab. Hasil Belajar Matematika Adalah Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Dalam Menguasai Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Yang Diperoleh Dari Proses Belajar Mengajar Yang Dinilai Melalui Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Hipotesis Tindakan Yakni Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Penelitian Dirancang Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Dua Siklus. Subyek Penelitian Siswa Kelas IV SD 3 Bulungcangkring Berjumlah 24 Siswa. Teknik Penggumpulan Data Menggunkan Tes, Wawancara Observasi, Dan Dokumentasi. Instrumen Penelitian Berupa Soal Tes, Lembar Wawancara, Lembar Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Penelitian Ini Dikatakan Berhasil Jika Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Mencapai Persentase Minimal 75% Dengan Kategori Minimal Baik, Hasil Belajar Ranah Kognitif Dikatakan Berhasil Jika Nilai Rata-Rata Siswa Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Mencapai Minimal KKM 70 Dengan Perolehan Persentase Ketuntasan Belajar Klasikal Minimal 75%, Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik Dikatakan Berhasil Jika Perolehan Persentase Minimal 75% Dengan Kategori Minimal Baik. Hasil Penelitian Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Siklus I (65,75%/Baik), Siklus II (91,30%/Sangat Baik). Sedangkan Hasil Belajar Ranah Kognitif, Kondisi Awal Ketuntasan Hasil Belajar Siswa (37,50%/Kurang), Siklus I (58,33%/Cukup), Dan Siklus II (87,50%/Sangat Baik). Hasil Belajar Siswa Ranah Afektif Siklus I (63,24%/Cukup), Siklus II (80,95%/Baik). Hasil Belajar Siswa Ranah Psikomotorik Siklus I (57,70%/Cukup) Siklus II (79,99%/Baik). Simpulan Pada Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Pada Siswa Kelas IV SD 3 Bulungcangkring. Saran Yang Diberikan Yakni Guru Hendaknya Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Yang Dapat Meningkatkan Partisipasi Siswa. Siswa Hendaknya Lebih Aktif Dan Kreatif Dalam Pembelajaran. Sekolah Hendaknya Memfasilitasi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran. Peneliti Selanjutnya Harus Mempersiapkan Pelaksanaan Penelitian Lebih Maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi M.M.
Kata Kunci: Mathemathics Learning Achievement, Blocks And Cubes Frame, Numbered Head Together
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Jun 2016 01:29
Last Modified: 23 Jun 2016 01:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5249

Actions (login required)

View Item View Item