Peningkatan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Model Think Talk Write Pada Kelas V Sd 2 Jepang Pakis

Ayu Pernita, Dian (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Model Think Talk Write Pada Kelas V Sd 2 Jepang Pakis. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (690Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (193Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (418Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (548Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1361Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (201Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (107Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (5Mb) | Request a copy
                  [img] PDF (Dafatar Pustaka) - Accepted Version
                  Download (112Kb)

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Bahasa Indonesia Khususnya Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Think Talk Write, Mendeskripsikan Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Khususnya Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Menemukan Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD 2 Jepang Pakis Dalam Materi Mengomentari Persoalan Faktual Disertai Alasan Yang Mendukung Dengan Memperhatikan Pilihan Kata Dan Santun Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Model Think Talk Write Merupakan Salah Satu Tipe Dari Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pada Dasarnya Adalah Strategi Pembelajaran Yang Dibangun Dengan Proses Berpikir,Berbicara Dan Menulis. Alur Model TTW Dimulai Dari Keterlibatan Siswa Dalam Berpikir Atau Memproses Informasi Dalam Dirinya Sendiri Setelah Malalui Proses Membaca. Selanjutnya Proses Berbicara Dengan Membagi Ide (Sharing) Dengan Teman Kelompok Sebelum Melangkah Ke Proses Yang Terakhir Yaitu Menulis. Materi Dalam Penelitian Ini Adalah Mengomentari Persoalan Faktual. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas V SD 2 Jepang Pakis Jati Kudus Dengan Subjek Penelitian Ini Adalah Guru Dan Siswa Kelas V. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi.Variabel Bebasnya Adalah Model Pembelajaran Think Talk Write. Sedangkan Variabel Terikatnya Adalah Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Materi Mengomentari Persoalan Faktual Siswa Kelas V SD 2 Jepang Pakis Jati Kudus.Data Analisis Secara Deskriptif Kuantitaif Dan Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian Ini Terbukti Menunjukkan Adanya Peningkatan Yang Signifikasikan Keterampilan Berbicara Siswa Materi Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Persentase Ketuntasan Prasiklus 33% (Rendah). Pada Siklus I 67% (Sedang) Dan Pada Siklus II Menjadi 91,7% (Tinggi ). Aktivitas Siswa Juga Meningkat Dengan Persentase Rata-Rata Siklus I 72,5% (Baik), Dan Meningkat Pada Siklus II Menjadi 87,625% (Sangat Baik). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dengan Model Think Talk Write Juga Mengalami Peningkatan Dari Persentase 66,25% (Baik) Pada Siklus I Dan 86% (Sangat Baik) Siklus II. Simpulan Dalam Penelitian Ini Ini Yaitu Penerapan Model Think Talk Write Dapat Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Materi Mengomentari Persoalan Faktual Pada Siswa Kelas V SD 2 Jepang Pakis Jati Kudus. Saran Dari Peneliti Yaitu Siswa Diharapkan Dapat Belajar Dengan Tertib Dan Saling Menyemangati, Guru Ke Depan Hendaknya Dapat Menggunakan Model Pembelajaran Inovatif Seperti Think Talk Write Dan Mengarahkan Siswa Untuk Terlibat Aktif Belajar, Sekolah Hendaknya Memberikan Kesempatan Kepada Guru Untuk Menggunakan Pembelajaran Inovatif Terutama Think Talk Write, Dan Bagi Peneliti Lainnya Dapat Lebih Memahami Model Pembelajaran Think Talk Write Sehingga Proses Pembelajaran Berjalan Lancar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Think Talk Write Model, Speaking Skills, Issues Faktual
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 09:34
                    Last Modified: 23 Jun 2016 09:34
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5255

                    Actions (login required)

                    View Item