Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar

Masfuah, Siti (2016) Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. TELECON : Teaching, Linguistics, Culture and Education Conference.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
SCAN_SAMPUL.jpg - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
SCAN_SAMPUL_&_DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
SCAN_ARTIKEL_FUAH_PGSD.pdf - Accepted Version

Download (6MB)
Official URL: htttp:\\jurnal.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan komunikasinya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD 4 Rendeng Kudus. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kemampuan komunikasi siswa meningkat secara signifikan dari 70,62% dari siklus I menjadi 80,31% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.

Item Type: Article
Kata Kunci: STAD, komunikasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2016 02:41
Last Modified: 16 Feb 2017 13:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5256

Actions (login required)

View Item View Item