Masfuah, Siti (2016) Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. TELECON : Teaching, Linguistics, Culture and Education Conference.
Preview |
Image (JPEG) (Cover)
SCAN_SAMPUL.jpg - Accepted Version Download (1MB) |
Preview |
PDF (Hal. Depan)
SCAN_SAMPUL_&_DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Preview |
PDF (Artikel)
SCAN_ARTIKEL_FUAH_PGSD.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan komunikasinya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD 4 Rendeng Kudus. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kemampuan komunikasi siswa meningkat secara signifikan dari 70,62% dari siklus I menjadi 80,31% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | STAD, komunikasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 02:41 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 13:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5256 |
Actions (login required)
View Item |